alexametrics

Apakah Hari Ini Kamu Sudah Berlibur?

Oleh EKA KURNIAWAN
26 Desember 2021, 09:54:05 WIB

Setelah nyaris tak bepergian selama dua tahun, saya mulai berpikir tentang liburan. Bukan hanya soal ingin pergi berlibur, tapi juga pertanyaan mendasar ini: Apa artinya liburan? Apa makna hari libur?

URUSAN berlibur, yang terbayang oleh saya malahan empat bocah dan seekor anjing di buku anak-anak karya Enid Blyton, Lima Sekawan. Belakangan saya sering membacakannya untuk anak, dan setiap cerita, hampir selalu berputar di masa liburan.

Bagi bocah-bocah itu, liburan selalu merupakan hal yang ditunggu. Hari-hari libur berarti hari penuh petualangan, bisa tidur di alam terbuka, penuh kemungkinan-kemungkinan yang mengejutkan, pertemuan dengan orang-orang baru, termasuk bekal makanan yang enak.

Belum lama saya membaca beberapa buku, yang merujuk ke sejenis filsafat Hegelian, bahwa satu hal bisa didefinisikan dengan cara mendefinisikan (apa yang dianggap) lawannya. Di satu buku tentang rasialisme, misalnya, mendefinisikan kulit hitam secara tidak langsung menjelaskan seperti apa orang kulit putih.

Jika saya meminjam cara berpikir ini, bocah-bocah Lima Sekawan bisa melihat hari-hari bukan liburan sebagai: saat yang membosankan, tidur tiap malam di kamar, rutinitas yang bisa ditebak, bertemu orang-orang yang sama, dan makanan yang itu-itu saja.

Editor : Ilham Safutra




Close Ads