alexametrics

Bisakah Foto Besar Mengubah Dunia?

Oleh EKA KURNIAWAN*
14 Agustus 2021, 15:00:26 WIB

Sebagai seorang penulis, sering saya memperoleh pertanyaan, ”Apakah sebuah teks bisa mengubah dunia?” Jawabannya bisa, meskipun sebesar apa, tentu berbeda-beda. Setidaknya bisa mengubah pikiran atau isi hati seseorang, bukan?

MESKIPUN begitu, jika saya harus menunjuk satu teks yang benar-benar berhasil mengubah dunia secara nyata, saya bisa menyebutkan salah satunya. Terutama di bulan Agustus ini, di usia republik yang menurut ukuran manusia harusnya sudah tua: naskah Proklamasi.

Hanya beberapa baris sebenarnya teks tersebut. Isi badan utamanya juga hanya terdiri atas dua kalimat.

Teks itu menyatakan sesuatu yang tak ada sebelumnya menjadi ada: sebuah bangsa bernama Indonesia. Teks yang sama membuat bangsa yang baru disebutkan itu melompat dari keadaan terjajah menuju alam kemerdekaannya. Dua hal ini bahkan hanya perlu disebut dalam satu tarikan napas di kalimat pertama.

Tentu saja segala perubahan dan penciptaan sebuah bangsa yang disebabkan teks tersebut tak terjadi dengan serta-merta. Tapi, kita bisa merasa yakin, segala perjuangan bersenjata maupun diplomasi yang terjadi di hari-hari kemudian, semuanya digerakkan oleh baris-baris teks tersebut.

Editor : Ilham Safutra

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads