alexametrics

Berebut Kenangan

Oleh EKA KURNIAWAN
12 Desember 2021, 09:17:52 WIB

Jika berkesempatan membeli mobil baru, mobil apa yang akan dibeli? Kenapa merek tertentu tiba-tiba muncul di kepala? Jika lapar dan ingin makan di restoran, kenapa nama atau menu restoran tertentu langsung terbayang?

BOLEH jadi kita menyimpan merek mobil dan nama restoran dengan sadar di ingatan, seperti kita menyimpan nama-nama mantan pacar.

Momen bahagia ketika diwisuda ternyata sudah terjadi belasan tahun lalu. Anak yang dilahirkan ternyata sudah menjadi seorang gadis. Piknik bersama pacar yang membahagiakan tinggal sisa getirnya.

Semua hal dengan pasti akan menjadi masa lalu, dan yang tersisa hanyalah kenangan. Makin lama mereka akan terasa samar, jika bukan karena daya ingat yang menurun dan semakin meragukan, sering kali karena tertimbun dan terkecoh kenangan-kenangan lain.

Kita mengambil foto diri, pemandangan yang pernah kita lihat di tempat wisata, makanan yang tersaji di meja restoran, bocah yang tersenyum lebar di hari ulang tahunnya, salah satunya untuk membekukan waktu yang melesat. Menjadi semacam perpanjangan fungsi organ pengingat kita.

Baca juga:
Horor Bahasa

Editor : Ilham Safutra




Close Ads