alexametrics

Mahaguru Para Sastrawan Indonesia Itu Berpulang

7 April 2021, 21:13:41 WIB

JawaPos.com – Bahkan, sampai akhir hayatnya pun, Umbu Landu Paranggi masih tetap misterius. Segelintir saja yang tahu di mana penyair sekaligus mahaguru begitu banyak sastrawan tanah air itu tinggal.

Presiden Malioboro, demikian dia dijuluki semasa di Jogjakarta dulu, kelahiran Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), 10 Agustus 1943, itu meninggal kemarin dini hari (6/4). Umbu berpulang dalam usia 77 tahun karena terpapar Covid-19.

Jawa Pos Radar Bali melaporkan, sebelumnya dia dirawat selama tiga hari di ruang ICU RSUD Bali Mandara. Kasubbaghumas RSUD Bali Mandara (RSBM) I Gusti Agung Putu Aditya Mahendra melalui sambungan telepon mengakui bahwa Umbu meninggal karena terpapar Covid-19. ”Saya kurang tahu komorbidnya (penyakit bawaan, Red) apa, tapi benar dia meninggal akibat Covid-19,” jelasnya.

Terkait dengan jenazahnya, Aditya menyatakan, hingga kemarin sore, jenazah Umbu berada di ruang isolasi jenazah RSBM karena koordinasi dengan pihak keluarga masih dilakukan. ”Karena merupakan jenazah positif Covid-19, jenazahnya tidak bisa diterbangkan ke daerah dan harus segera dikremasi di Denpasar,” terangnya.

Mungkin tak banyak yang mengenal karya-karyanya karena Umbu memang jarang memublikasikannya. Namun, para sastrawan dan seniman era 1960-an hingga 2000-an mengakui bahwa Umbu memberikan banyak pengaruh.

Emha Ainun Nadjib, Warih Wisatsana, Wayan ”Jengki” Sunarta, dan Raudal Tanjung Banua adalah sedikit di antara begitu banyak sastrawan terkemuka tanah air yang dengan hormat menyebut Umbu sebagai guru.

Warih Wisatsana yang sejak pagi terlihat di RSUD Bali Mandara mengungkapkan, kondisi Umbu diketahui drop pada Sabtu pagi (3/4). Kala itu dia menelepon Umbu dan dari suaranya terdengar kondisinya sedang tidak baik. Menurut Warih, Umbu semasa hidupnya tidak pernah mengeluh sakit. ”Malah Umbu sempat puasa untuk Jumat Agung dan Paskah ini. Namun, kondisinya drop sehingga kami larikan ke rumah sakit,” katanya.

Baca juga: Sang Presiden Malioboro Umbu Landu Paranggi Meninggal Dunia

Terlahir dengan nama Umbu Wulang Landu Paranggi, dia meninggalkan Sumba untuk melanjutkan sekolah di Taman Siswa Jogja, tetapi terlambat karena pendaftaran telah ditutup. Akhirnya, Umbu meneruskan sekolah di SMA BOPKRI 1 Jogjakarta. Ketika bersekolah di SMA BOPKRI itulah, kebiasaannya menulis puisi tumbuh subur dan sering kali menelantarkan pelajaran lainnya. Di sekolah BOPKRI itu pula, Umbu menemukan seorang guru yang baginya ikut memengaruhi jalan hidupnya kemudian, Ibu Lasia Sutanto, guru bahasa Inggris.

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Ilham Safutra

Reporter : dwi/dip/gek/aim/c14/ttg




Close Ads