alexametrics

Listrik, Penggerak Sejarah Vorstenlanden

Oleh HERI PRIYATMOKO*
21 November 2021, 10:01:18 WIB

Kajian Eko Sulistyo tidak terjebak pada listrik cuma sebagai urusan teknis, regulasi, dan cara pandang pusat-nasional. Listrik juga penggerak perubahan masyarakat.

BERLEHA-LEHA di dampar kencana seraya menikmati gaji buta bukanlah tipikal Eko Sulistyo. Aktivis 1990-an yang setia mengawal Presiden Jokowi dari zaman wali kota Surakarta hingga berhasil duduk di istana kepresidenan di Jakarta ini diganjar jabatan komisaris Perusahaan Listrik Negara (PLN).

Mantan ketua Komisi Pemilihan Umum Solo itu sedari mahasiswa memang gemar menulis. Kelincahan jemarinya tak luntur selepas dirinya keceh duit (bergelimang harta) dan dekat kekuasaan. Justru ia kian getol menelurkan buku. Kini pustaka terbaru yang dianggitnya berjudul Jejak Listrik di Tanah Raja.

Buku ini membuktikan kepakarannya bekerja dengan pendekatan historis dan politik. Selepas menyimak pustaka yang sesak sumber primer tersebut, diketahui bahwa perjalanan riset sejarah kelistrikan di Vorstenlanden atau wilayah kekuasaan kerajaan ini membuka kesadaran dekonstruksi.

Selama ini, kajian ilmiah tentang listrik ditempatkan (terjebak) dalam urusan teknis, rumus-rumus, tumpukan regulasi, struktur kelembagaan, dan cara pandang pusat-nasional. Seakan-akan tiada kisah sosial-budaya yang bertemali dengan teknologi pelistrikan.

Editor : Ilham Safutra




Close Ads