alexametrics

Ribuan Orang Jawa nun di Pasifik Selatan Sana

Oleh Pramudito
2 Mei 2021, 13:53:36 WIB

Ratusan pekerja kontrak dari Jawa kali pertama tiba di Kaledonia Baru pada pengujung abad ke-19. Sampai kini pun arus kedatangan dari Indonesia ke sana dan mereka yang di sana pulang balik ke Indonesia masih terus terjadi.

TANYAKAN kepada setiap diplomat Indonesia yang pernah bertugas di Noumea dan kebetulan punya latar belakang Jawa. Begitu menginjakkan kaki di ibu kota Kaledonia Baru itu dan diundang ke keluarga Jawa di sana, hampir pasti bakal kaget.

Sebab, jajanan yang disajikan kepada mereka adalah ragam penganan tradisional yang di Jawa sendiri sudah jarang atau sulit ditemui. Itu masih ditambah tradisi khas Jawa yang juga masih diuri-uri di negeri nun di Pasifik Selatan yang merupakan wilayah seberang lautan Prancis tersebut.

Dibandingkan keturunan Jawa di Suriname di Amerika Selatan, eksposur terhadap keturunan Jawa di Kaledonia Baru bisa terbilang minim. Karena itu, buku karya Widyarka Ryananta, Konjen RI di Noumea (2014–2017), ini merupakan dokumen langka nan berharga.

Negara yang wilayahnya seluas Jawa Barat itu berstatus kawasan otonomi khusus di bawah Prancis, negeri yang dulu menjajahnya. Prancis menguasai Kaledonia Baru sejak 1853 saat di bawah pemerintahan Raja Napoleon III.

Editor : Ilham Safutra

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads