JawaPos Radar

Jakarta Diprediksi Hujan Malam Ini, Nonton Gerhana Supermoon Gimana?

31/01/2018, 14:34 WIB | Editor: Fadhil Al Birra
supermoon
Supermoon di langit Balikpapan (Ambri/Kaltim Post/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com – Antusiasme masyarakat menyaksikan tiga fenomena alam SuperBlueBloodmoon malam nanti diprediksi akan sedikit mengecewakan. Sebab, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi bahwa sebagian besar wilayah DKI Jakarta akan diguyur hujan malam nanti.

BMKG memperkirakan bahwa hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi akan rata mengguyur sebagian besar wilayah ibu kota. Warga DKI diprediksi akan sulit untuk menyaksikan fenomena astronomis yang terakhir terjadi 152 tahun lalu itu.

Gerhana bulan total pada Rabu, 31 Januari 2018 malam nanti akan menjadi fenomena langka yang dinanti masyarakat. Sebab, pada saat itu bulan juga mengalami supermoon sehingga akan tampak berwarna kemerahan atau oranye. Ketika bulan berubah warna inilah kerap disebut sebagai super blue blood moon.

gerhana supermoon jakarta
Prakiraan cuaca dari BMKG untuk wilayah DKI Jakarta 31 Januari malam nanti. (Screenshot)

Jika cuaca cerah, masyarakat Indonesia dapat dengan jelas mengamati puncak gerhana bulan total ini pada 31 Januari pukul 2018 pukul 20.29 WIB; 21.29 WITA; dan 22.29 WIT, sekitar 77 menit.

Melalui keterangan prakiraan cuaca dari BMKG yang dirilis lewat akun situs resminya, Jakarta akan mengalami hujan lokal pada 31 Januari malam nanti. Namun langit yang akan tertutup awan hanya berkisar 62 persen.

Berikut prakiraan cuaca dari BMKG untuk DKI Jakarta malam nanti.

Jakarta Barat diprediksi akan diguyur hujan disertai petir. Suhunya mencapai 24-31 Derajat Celcius. Sementara tingkat kelembabannya mencapai 75-90 persen.

Jakarta Pusat diprediksi akan diguyur hujan disertai petir. Suhunya mencapai 25-31 Derajat Celcius. Sementara tigkat kelembabannya mencapai 70-95 persen.

Jakarta Selatan diprediksi akan diguyur hujan ringan. Suhunya mencapai 24-31 Derajat Celcius. Sementara tingkat kelembabannya akan mencapai 70-90 persen. Untuk wilayah Jakarta Timur akan sama kondisinya dengan wilayah Jakarta Selatan.

Untuk Jakarta Utara diprediksi akan diguyur hujan disertai petir. Suhunya akan mencapai 25-31 Derajat Celcius. Tingkat kelembabannya akan mencapai 70-95 persen.

Terakhir untuk wilayah Kepulauan Seribu diprediksi akan diguyur hujan dengan intensitas ringan. Suhunya akan mencapai 26-30 Derajat Celcius. Dan kelembabannya akan menyentuh angka 75-90 persen.

Kondisi cuaca yang dirilis BMKG untuk malam nanti hanya sebatas prediksi. Cuaca bisa jadi tetap cerah dan kamu tetap bisa menyaksikan fenomena astronomi yang langka itu.

(ryn/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat semua

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up