JawaPos Radar | Iklan Jitu

Gerhana Bulan Total, BMKG: Waspada Banjir Rob!

31 Januari 2018, 19:52:18 WIB | Editor: Bintang Pradewo
Gerhana Bulan Total, BMKG: Waspada Banjir Rob!
Banjir rob di wilayah Jakarta Utara (Issak Ramadhan/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Fenomena langka gerhana bulan total bersamaan dengan super moon dan blue moon akan terjadi di atas langit Indonesia malam ini, Rabu (31/1). Seluruh masyarakat tidak sabar untuk menyaksikan peristiwa yang hadir 150 tahun sekali itu.

Namun di tengah penantian itu, muncul potensi banjir pasang atau rob di sejumlah wilayah. Hal tersebut diumumkan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), yang menjelaskan rob adalah pengaruh dari gerhana bulan. Tinggi pasang maksimun hingga mencapai 1,5 meter karena adanya gravitasi bulan dengan matahari.

"Waspada potensi genangan, banjir maupun longsor bagi yang tinggal di wilayah berpotensi hujan lebat terutama di daerah rawan banjir dan longsor," ujar Kepala BMKG Dwikorita Karnawati melalui keterangan tertulisnya.

Gerhana Bulan Total, BMKG: Waspada Banjir Rob!
Banjir rob di wilayah Jakarta Utara (Issak Ramadhan/ JawaPos.com)

Selain itu, ada juga kemungkinan hujan disertai angin yang dapat menyebabkan pohon maupun baliho tumbang atau roboh. "Tidak berlindung di bawah pohon jika hujan disertai kilatatau petir," katanya.

Masyarakat yang bekerja sebagai nelayan juga diimbau tidak melawan hujan lebat disertai angin kencang karena berbahaya bagi kapal berukuran kecil. "Menunda kegiatan penangkapan ikan secara tradisional hingga gelombang tinggi mereda," lanjut Dwikorita.

Gelombang tinggi 4.0-6.0 meter (very Rough Sea) berpeluang terjadi di Samudera Hindia Selatan Jawa hingga NTT, Perairan Selatan Pulau Sumba-Pulau Sawu-Pulau Rote-Laut Timor, dan Laut Arafuru.

Sementara tinggi gelombang 2.5-4.0 meter (Rough Sea) berpeluang terjadi di Perairan Enggano, Perairan Barat Lampung, Selat Sunda Bagian Selatan, Perairan Selatan Jawa, Perairan Kep. Sermata-Leti, Perairan Kep. Babar-Tanimbar.

Di DKI Jakarta sendiri, gerhana bulan total diprediksi melintas sekitar pukul 19.51 WIB, dengan puncaknya pada pukul 20.29 WIB, dan berakhir pada pukul 21.07 WIB.

(yes/JPC)

Alur Cerita Berita

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up