JawaPos Radar

Anies dan Pejabat Negara Ikut Salat Gerhana di Masjid Raya

31/01/2018, 20:51 WIB | Editor: Bintang Pradewo
Anies dan Pejabat Negara Ikut Salat Gerhana di Masjid Raya
Masjid Raya KH. Hasyim Asy'ari, Daan Mogot, Jakarta Barat, Rabu (31/1) malam. (Evi Ariska/ JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Ratusan warga berbusana muslim serba putih memenuhi Masjid Raya KH. Hasyim Asy'ari, Daan Mogot, Jakarta Barat, Rabu (31/1) malam. Kedatangan warga untuk menyaksikan fenomena gerhana bulan sekaligus melakukan salat gerhana bersama.

Acara salat gerhana bersama ini juga dihadiri oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama rombongan pejabat di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI dan beberapa pejabat negara lainnya.

Kedatangan Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu langsung disambut meriah oleh warga yang telah memadati Masjid sejak sore. Anies pun langsung menuju ketempat yang sudah disediakan untuk melangsungkan sholat gerhana bulan.

Anies dan Pejabat Negara Ikut Salat Gerhana di Masjid Raya
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Evi Ariska/ JawaPos.com)

Salah satu warga, Arief mengaku, sengaja datang untuk mengikuti shalat bersama menyambut fenomena alam yang langka ini. Terlebih lagi, fenomena gerhana bulan ini bersamaan dengan ulang tahun Nahdlatul Ulama (NU) ke 92.

"Saya mau salat sekaligus liat gerhana, ini pertama kalinya dalam hidup saya lihat gerhana bulan, kita harus bersyukur," kata Arief di lokasi, Rabu (31/1).

Tak hanya Arief yang antusias menyambut gerhana bulan yang muncul setiap 150 tahun sekali, Wilda warga rusun Pesakih, juga ingin melakukan salat gerhana bersama warga lainnya.

"Mau ngikut shalat aja sebenarnya, kalau gerhana bulannya dari rusun juga sudah liat tadi," pungkasnya.

Dari pantauan JawaPos.com, lokasi Masjid Raya KH. Hasyim Asy'ari di jaga ketat oleh Barisan Ansor Serbaguna (Banser) dengan menggunakan jaket lorengnya untuk mengamankan para tokoh dan pejabat negara yang turun melakukan shalat gerhana bersama.

Didalam Masjid terlihat empat teropong yang menghadap kearah bulan, namun tidak diperuntunkan untuk warga, lantaran teropong tersebut digunakan untuk live. Warga dapat menyaksikan gerhana bulan secara langsung atau melalui layar kaca yang tersebar disudut-sudut masjid.

Hadir pula sejumlah tokoh, Ketua PWNU DKI Jakarta Saefullah, Ketua PBNU Said Aqil Siradj, Ketua MUI Ma'ruf Amin, Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, ulama Quraish Shihab, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoki, Menteri Sosial Idrus Marham. Ketum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) dan Duta Besar Arab Saudi.

(eve/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat semua

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up