JawaPos Radar

Jakarta Jadi Kota dengan Permintaan Indekos Paling Tinggi

30/07/2017, 11:53 WIB | Editor: Dhimas Ginanjar
Jakarta Jadi Kota dengan Permintaan Indekos Paling Tinggi
Ilustrasi kos di OLX (OLX)
Share this image

JawaPos.com – Tahun ajaran baru perkuliahan membuat para mahasiswa baru mulai sibuk dengan rutinitas baru. Bagi mereka yang kebetulan terdampar di sebuah kampus yang jauh dari tempat tinggal, maka jalan paling tepat adalah tinggal terpisah dari orang tua. Salah satunya adalah dengan mencari tempat kos.

 

Seperti salah satu mahasiswa yang diterima di Universitas Indonesia, Amanda, mulai mencari tempat kos menjelang dimulainya perkuliahan. Pasalnya sebagai warga Bandung, tak mungkin baginya untuk bolak-balik Depok-Bandung menuju kampus.

 

“Saya sedang cari-cari karena memang sudah banyak diincar mahasiswa baru lainnya, jadi rata-rata sudah penuh. Saya juga cari lewat aplikasi,” katanya kepada JawaPos.com, Jumat (28/7).

 

Perkembangan teknologi membantu masyarakat dalam mendapatkan informasi dengan cepat dan mudah, termasuk saat mencari informasi tempat tinggal atau tempat kos. Masyarakat dapat menemukan berbagai pilihan sesuai kebutuhan seperti lokasi dan fasilitas sesuai budget yang dimiliki.

 

OLX adalah salah satu e-commerce yang mengembangkan teknologi dan memberikan layanan informasi mengenai tempat tinggal. Setiap bulannya, terdapat 382 ribu orang yang mencari informasi tersebut melalui OLX. Mereka mengakses berbagai jenis iklan properti di OLX dengan jumlah mencapai 264 ribu iklan baru setiap bulannya.

 

Dengan gaya hidup seperti itu, hunian sewa, seperti indekos menjadi solusi praktis atas kebutuhan tempat tinggal. Di OLX, setiap bulannya terdapat lebih dari 9.000 iklan baru, kamar indekos. Harga sewa yang ditawarkan pada iklan, bervariasi. Mulai dari harga Rp 400 ribu hingga Rp 3 juta per bulan. Terdapat pula indekos yang mempunyai layanan penuh dengan biaya per bulannya mencapai Rp 6 juta.

 

Berdasarkan data OLX, Jakarta menjadi salah satu kota dengan permintaan indekos paling tinggi. Kota-kota lain dengan permintaan tinggi antara lain Surabaya, Yogyakarta, Denpasar dan Bandung.

 

Survei yang dilakukan oleh OLX kepada para pengguna menyebutkan bahwa faktor paling penting dalam mencari indekos adalah lokasi. Untuk itu, OLX mengembangkan fitur Hyperlocation. Melalui fitur ini, seseorang dapat menemukan indekos yang diiklankan, pada radius lokasi yang sudah ditentukan. Fitur ini sangat membantu ketika seseorang menginginkan kamar indekos yang lokasinya dekat dengan tempat mereka beraktivitas, baik kantor ataupun kampus.

 

“Bisnis OLX dibangun untuk memastikan penjual dan pembeli bertemu dan melakukan transaksi yang saling menguntungkan,” ujar Chief Marketing Officer, OLX Indonesia, Edward Kilian.

 

Pemanfaatan Hyperlocation dalam pencarian indekos, memudahkan para pencari indekos menemukan tempat tinggal yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Hal ini membantu para pemilik indekos mendapatkan banyak calon penghuni potensial dengan sangat cepat.

 

“Pengembangan fitur Hyperlocation merupakan bagian dari langkah yang diambil OLX dalam menciptakan sebuah platform iklan baris yang progresif, tidak sekadar menawarkan informasi berupa teks. OLX melihat adanya kebutuhan masyarakat atas iklan yang tidak hanya informatif, namun juga memberikan kepraktisan kepada penggunanya,” katanya.

Untuk saat ini, data OLX mencatat bahwa 74 persen iklan indekos, dihubungi calon penghuni dalam satu minggu pertama setelah iklan dipasang. Rata-rata, dalam satu bulan, terdapat 23 peminat untuk setiap iklannya.

(ika/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up