JawaPos Radar

UPT Monas Tidak Sediakan Alat Untuk Warga Nonton Gerhana Bulan Total

30/01/2018, 16:32 WIB | Editor: Bintang Pradewo
UPT Monas Tidak Sediakan Alat Untuk Warga Nonton Gerhana Bulan Total
Kawasan Monas, Jakarta Pusat (Sabik Aji Taufan/ JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Gerhana bulan total yang akan terjadi pada Rabu (31/1) besok, disambut baik oleh pemerintah dan masyarakat. Hal itu terlihat dari beberapa tempat wisata yang mengajak warga melihat fenomena alam itu.

Tempat wisata itu seperti Monas, Kota Tua Planetarium, Perkampungan Setu Babakan, Kepulauan Seribu, Ancol, dan Taman Mini.

Kepala Unit Pengelola Teknis (UPT) Monumen Nasional, Munjirin mengatakan masyarakat bebas melihat gerhana di Kawasan Monas, Jakarta Pusat. Akan tetapi pihak Monas tidak menyediakan alat apapun seperti teropong atau semacamnya.

UPT Monas Tidak Sediakan Alat Untuk Warga Nonton Gerhana Bulan Total
Infografis gerhana (Kokoh Praba/ JawaPos.com)

"Jika mau bawa sendiri ya silahkan saja," ucapnya saat dihubungi JawaPos.com, Selasa (30/1).

Pihak Monas tidak membatasi spot untuk melihat fenomena langka tersebut. Munjirin memberikan kebebasan kepada pengunjung untuk melihat peristiwa alam tersebut.

Akan tetapi apabila ingin melihat lebih dekat, seperti naik ke puncak atau cawan, pengunjung akan tetap dikenakan biaya. "Tetap dikenakan biaya reguler," pungkasnya.

Sebelumnya Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyelenggarakan acara menyambut gerhana bulan total (GBT) yang akan dilaksanakan esok hari, Rabu (31/1). Kegiatan itu atas instruksi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang telah menerbitkan surat imbauan agar fenomena GBT, supermoon, dan blue moon dapat disaksikan seluruh masyarakat.

Di dalamnya Anies memaparkan, awal gerhana bulan total diperkirakan terjadi pukul 19.51 WIB, dengan puncaknya pada pukul 20.29 WIB, dan berakhir pada pukul 21.07 WIB.

(ipy/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat semua

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up