alexametrics

Anies Masih ‘Jomblo’ Terus, Djarot: Itu Luar Biasa Bebannya

26 Oktober 2018, 22:09:29 WIB

JawaPos.com – Sampai saat ini pendamping Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ‎masih belum diketahui. Partai Gerindra dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) juga belum memberikan satu nama kadernya menjadi orang nomor dua di DKI Jakarta.

Menanggapi itu, Mantan Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mengatakan, tidak mempunyai pendamping saat mengurusi ibu kota sangatlah berat. Pasalnya, kondisi seperti itu juga pernah tidak memiliki pasangan selama enam bulan.

“Saya bisa memahami ketika tidak ada wakil. Itu luar biasa beban kerjanya, apalagi di masa-masa akhir harus dikebut pekerjaanya,” ujar Djarot di Posko Rumah Cemara, Jakarta, Jumat (26/10).

Adapun Djarot naik menjadi Gubernur DKI Jakarta. Karena saat itu Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) ditahan lantaran kasus penodaan agama mengutip Surat Al Maidah ayat 51.

Sehingga dia mesti bekerja sendiri mengurusi ibu kota. Bahkan dia mengaku kerja sampai pukul 01.30 WIB untuk mengecek surat-surat. Kemudian bangun kembali pukul 05.00 WIB.

“Saya bangun pagi, terus kerjain lagi‎. Karena prinsipnya surat masuk sekarang harus kita selesaikan. Sebab kalau menunda numpuk bermeter-meter suratnya,” katanya.

Djarot juga menjelaskan kenapa selama enam bulan lamanya tidak memiliki pendamping. Itu karena ada UU yang menyebutkan ‎sisa jabatan enam bulan tidak boleh mempunyai wakil gubernur.

“Sehingga saya hanya seorang diri dan harus  menyelesaikan tugas-tugas Pak Ahok,” ungkapnya.

Kondisi ini pun berbanding terbalik untuk Anies Baswedan. Karena sisa jabatan yang masih panjang wajib untuk ada posisi wakil gubernur. Sehingga partai pengusung Anies Baswedan perlu mencari pengganti sosok Sandiaga Uno.

Diketahui, Sandiaga Uno mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta. Ia memutuskan mundur karena maju sebagai calon wakil presiden mendampingi Prabowo Subianto.

Cagub yang kalah tarung di Pilkada Sumut itu sebelumnya juga meminta agar Anies tak lama-lama sendirian di Ibu Kota. Ia berharap segera ada wagub baru pengganti Sandiaga Uno. “Ya jangan lama-lama jomblo,” kata Djarot.

Editor : Dimas Ryandi

Reporter : (gwn/JPC)



Close Ads
Anies Masih 'Jomblo' Terus, Djarot: Itu Luar Biasa Bebannya