alexametrics

Bayar Pajak STNK Bisa Melalui E-Samsat

26 Maret 2018, 12:42:58 WIB

JawaPos.com – Bank DKI bekerja sama dengan Polda Metro Jaya, meluncurkan program pembayaran non tunai untuk pajak kendaraan bermotor secara digital. Program tersebut dinamakan dengan e-Samsat.

Direktur Utama Bank DKI, Kresno Sediarsi mengatakan, jika program e-Samsat merupakan sebuah sinergi yang baik untuk memudahkan pembayaran pajak.

“Kerjasama ini merupakan sinergi positif antara Bank DKI dan Polda Metro Jaya dalam mewujudkan peningkatan pelayanan publik, sehingga masyarakat merasa mudah dan nyaman untuk melakukan transaksi pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor secara non tunai. Selain itu, kerjasama ini juga sebagai wujud modernisasi sistem transaksi pembayaran yang didukung oleh produk dan layanan Bank DKI,” Kresno, Polda Metro Jaya, Senin (26/3).

Nantinya Bank DKI akan menjadi media penerima keuangan pajak, baik PKB, PNBP, SDWKLLJ di DKI Jakarta. Selain menerima uang Bank tersebut juga akan menjadi sebuah agregator pengumpulan dana hasil penerimaan pembayaran untuk wilayah DKI Jakarta.

Sementara itu, Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Idham Azis mengatakan, adanya e-Samsat merupakan implementasi utama sebuah inovasi untuk menekan tindakan yang koruptif. “Saya sangat mengapresiasi Dirlantas. Karena hal ini merupakan implementasi utama kebijakan promoter, untuk menaikkan kinerja melalui inovasi teknologi,” tuturnya.

Dalam peresmian e-Samsat itu sendiri juga dihadiri oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Tjahjo Kumolo. Dia juga memaparkan adanya digitalisasi merupakan sebuah hal yang penting bagi kenyamanan konsumen dan telah diatur oleh Perpres.

“Perpres No. 5 tahun 2015 tentang penyelenggaraan Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap ( Samsat), meningkatkan kenyamanan keamanan dan kepatuhan masyarakat dalam pembayaran pajak. Semoga akan mampu meningkatkan pelayanan masyarakat dan memberikan sebuah kontrobusi bagi Pajak Asli Daerah (PAD),” pungkasnya.

Akan tetapi e-Samsat ini baru berlaku di Jakarta Selatan saja. “Untuk seluruh Indonesia menyusul. Karena Bank DKI hanya ada di Jakarta, dan baru dilaksanakan di Jakarta Selatan. Nanti akan dikembangkan lagi,” jelas Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Halim Pagarra.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : (ipy/JPC)

Bayar Pajak STNK Bisa Melalui E-Samsat