alexametrics

Jadi TOD Pertama, PT MRT Dapat 4 Tugas Khusus

25 Oktober 2017, 17:27:24 WIB

JawaPos.com – PT MRT Jakarta secara resmi ditetapkan Pemprov DKI sebagai operator moda transportasi publik yang menggunakan konsep Transit Oriented Development (TOD). Nantinya MRT Jakarta akan melayani perjalanan untuk koridor utara-selatan fase 1 dari Lebak Bulus hingga Bundaran HI.

Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Saefullah mengatakan, hal itu juga sebagai bentuk keberpihakan pemerintah untuk mewujudkan keadilan sosial. “Penugasan dilakukan dengan pertimbangan PT MRT sebagai pihak yang paling strategis bagi terciptanya lingkungan yang nyaman dan aman bagi pengguna angkutan umum massal di DKI Jakarta,” ujarnya saat usai pencanangan di Balai Kota, Rabu (25/10).

Penugasan sebagai operator utama itu juga sudah tercantum dalam Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 140/2017 tentang Penugasan Perseroan Terbatas Mass Rapid Transit Jakarta sebagai Operator Utama pengelola kawasan Transit Oriented Development Koridor Utara Selatan Fase 1 Mass Rapid Transit Jakarta.

MRT Jakarta
Lokasi MRT Jakarta (Dery Ridwansyah/ Jawa Pos)

Sepanjang fase 1 ini terdapat delapan kawasan TOD yang dikelola oleh PT MRT Jakarta. Yakninya, kawasan Bundaran HI, Dukuh Atas, Setiabudi, Bendungan Hilir, Istora, Senayan, Blok M, dan Lebak Bulus.

Adapun tugas utama PT MRT Jakarta sebagai berikut:

1. Mengoordinasikan pemilik lahan dan bangunan dalam perencanaan dan pengembangan kawasan

2. ‎Mendorong upaya percepatan pembangunan sarana dan prasarana kawasan TOD sesuai Panduang Rancang Kota

3. ‎Mengkoordinasikan pemilik lahan dan/atau bangunan, penyewa, serta pemangku kepentingan lainnya dalam pengelolaan, pemeliharaan, dan pengawasan di kawasan TOD

4. Memonitor pelaksanaan pengembangan kawasan TOD, baik dalam hal perencanaan, pemeliharaan, maupun pengembangannya.

“Dengan diterbitkannya Peraturan Gubernur ini pengembang dapat berkoordinasi dengan PT MRT untuk bersama-sama menyusun perencanaan pengembangan kawasan TOD,” tambah Saefullah.

Pada fase pertama, panjang jalur Lebak Bulus-Bundaran HI adalah 16 kilometer dan akan melayani 173.400 penumpang setiap hari melalui 16 set kereta, 14 set kereta operasi dan 2 kereta cadangan. Total tempuh rute ini adalah 30 menit dengan jarak antar kereta 5 menit sekali.

Editor : admin

Reporter : (cr3/JPC)


Close Ads
Jadi TOD Pertama, PT MRT Dapat 4 Tugas Khusus