alexametrics

Earth Hours di Bundaran HI Disambut Angin Besar dan Rintik Hujan

25 Maret 2018, 07:11:24 WIB

JawaPos.com – Kegiatan earth hours tahun ini, Sabtu (24/3), disambut angin besar dan rintik hujan di seputar Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta Pusat. Suasana yang remang karena padamnya ikon di Bundaran HI tidak menyurutkan para pengendara untuk tetap memacu kendaraannya di sana.

Earth hours merupakan sebuah tindakan kecil, namun akan berdampak besar pada perubahan iklim bumi. Seperti halnya mematikan lampu selama kurang lebih 60 menit atau setara dengan satu jam.

Firman, salah seorang pejalan kaki yang sedang ingin menuju Grand Indonesia mengaku tidak terlalu paham dengan earth hours. Namun, dia tetap mendukung adanya kegiatan tersebut.

Earth Hours di Bundaran HI Disambut Angin Besar dan Rintik Hujan
Sejumlah gedung di kawasan Bundaran HI, Jakarta, memadamkan lampu selama satu jam dalam aksi earth hour, Sabtu malam (Ikhsan Prayogi/JawaPos.com)

“Tahunya cuma matiin lampu sampai satu jam gitu. Tapi kalau ngga salah ya buat mengurangi dampak perubahan iklim. Kalau memang berdampak bagus saya mendukung saja,” katanya di depan Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta Pusat, Sabtu (24/3).

Seperti pantauan JawaPos.com, saat earth hours kawasan Hotel Indonesia terlihat begitu remang. Hanya dapat sinar dari kendaraan yang lewat saja. Semua hotel dan gedung di sana padam, hanya tersisa beberapa ruangan hotel saja yang menyala.

Seperti halnya yang diutarakan oleh Annisa Hazarini, Public Relation Grand Indonesia. Dia mengatakan Hotel Indonesia Kempinski yang berada di Jalan MH. Thamrin terlihat redup. Hal itu salah satu bentuk dukungan pihak hotel terhadap kegiatan earth hours tersebut.

“Di sini Komplek Hotel Indonesia, mulai dari Menara BCA, Hotel, dan Mall semuanya padam. Hanya saja ada beberapa kamar di hotel yang tidak padam,” katanya saat ditemui JawaPos, di depan pintu Gerbang Hotel Indonesia.

“Kami sebelumnya sudah menghimbau kepada pengunjung akan adanya sebuah pemadaman. Sebelum menjelang hari-h kami sudah mengingatkan mereka, dan saat hari-h kami kembali menelfon ke kamar masing-masing pengunjung untuk mengingatkan akan adanya pemadaman dalam kegiatan earth hours,” sambung Annisa.

Annisa memang mengakui bahwa tidak semua kamar memadamkan lampu, hal itu disebabkan untuk kenyamanan pengunjung sendiri. “Yang terpenting kami sudah menghimbau, namun bila pengunjung tidak mau memadamkan kami tidak memaksa,” tuturnya.

Selain hotel, Mall Grand Indonesia juga ikut merayakan kegiatan earth hours tersebut. Namun menurut Annisa, yang padam adalah di bagian luarnya saja. Bagian dalam mall tetap menyala dan beroperasi seperti biasa.

“Karena kalau mati semua, nanti pengunjung merasa tidak nyaman. Sedangkan jam operasi mall sampai pukul 22.00 WIB,” pungkasnya.

Tidak hanya Hotel Indonesia, Hotel Mandarin Oriental, Plaza Indonesia, Air Mancur Bundaran Hotel Indonesia, serta pernak-pernik Asian Games di kawasan tersebut juga terlihat redup. Saat waktu telah menunjukkan pukul 20.30 WIB.

Editor : Yusuf Asyari

Reporter : (ipy/JPC)

Earth Hours di Bundaran HI Disambut Angin Besar dan Rintik Hujan