JawaPos Radar

Sebelum Lebaran, Anies Ingin Kampung-Kampung di Jakarta Berwarna

24/03/2018, 15:10 WIB | Editor: Bintang Pradewo
Sebelum Lebaran, Anies Ingin Kampung-Kampung di Jakarta Berwarna
Kampung warna-warni di pinggir Danau Sunter, Jakarta Utara (Yesika Dinta/ JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Penataan perkampungan atau urban renewal menjadi salah satu program yang digagas Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Hari ini, penataan tersebut dimulai di wilayah Jakarta Utara dengan menyulap kampung Sunter menjadi kampung warna-warni.

Anies mengatakan, pengecatan yang sudah berjalan selama dua minggu itu dilakukan di beton bantaran sungai dan dinding jalan layang sebagai kanvas ekspresi karya seni para siswa SMK bidang lukis.

Dirinya menargetkan pekerjaan pengecatan rampung sebelum memasuki Lebaran 2018. Oleh karena itu, Anies menyebut pada bulan puasa nanti, urban renewal akan banyak dikerjakan pada lokasi-lokasi yang ditentukan Pemprov DKI Jakarta.

Sebelum Lebaran, Anies Ingin Kampung-Kampung di Jakarta Berwarna
Kampung warna-warni di pinggir Danau Sunter, Jakarta Utara (Yesika Dinta/ JawaPos.com)

"Akan dikerjakan di banyak tempat, kita harapkan sebelum masuk Lebaran. Bulan puasa ini akan banyak dikerjakan. saat ini Biro Tapem sudah menyiapkan beberapa lokasi di Jakarta Utara," ujarnya di kampung warna-warni, Danau Sunter Barat, Jakarta Utara, Sabtu (24/3).

Beberapa wilayah kota Jakarta Utara yang menjadi sasaran, misalnya di Kecamatan Penjaringan. Namun, dia mengaku saat ini Pemprov baru bisa mengerjakan pengecatan sembari menunggu proses urban renewal lebih lanjut.

"Ada daftar (lokasi)-nya nanti diberikan. Karena kalau urban renewal ini ada musyawarah dan proses itu panjang. Sambil kita nunggu proses urban renewal disiapkan kita lakukan pengecatan sehingga susananya pun sudah bisa berubah," kata Anies.

Dana yang diturunkan saat ini masih menggunakan Corporate Social Responsibility (CSR). Sebab jika menunggu aliran Pemprov DKI Jakarta maka harus melalui perencanaan terlebih dahulu agar masuk ke Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P).

"(Dana) ada yang dari pemerintah tapi kalau pemerintah berarti masuk ke perencanaan dulu. Masuk perencanaan, dan harapannya di APBDP," tuturnya.

(yes/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up