alexametrics

Earth Hour 2018, Anies Minta Warga Jakarta Matikan Listrik Satu Jam

24 Maret 2018, 16:21:37 WIB

JawaPos.com – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan turut melaksanakan peringatan Earth Hour 2018 dengan meminta seluruh warga ibu kota memadamkan listrik selama satu jam. Dia menetapkan pelaksanaan itu pada pukul 20.30-21.30 WIB malam ini, Sabtu (24/3).

“Saya ingin menganjurkan kepada semua warga di Jakarta untuk memadamkan lampu dan mengurangi penggunaan listrik,” ujarnya saat menghadiri 7th Southeast Asia Studies Symposium di Universitas Indonesia (UI), Depok, Sabtu (24/3).

Menurutnya, pemadaman selama satu jam saja itu tak sebanding dengan 24 jam waktu masyarakat menikmati aliran listrik. Namun, hal itu bisa menjadi pengingat untuk berhemat energi.

Earth Hour 2018, Anies Minta Warga Jakarta Matikan Listrik Satu Jam
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Yesika Dinta/ JawaPos.com)

“Kita ingin agar momen nanti malam menjadi pengingat, memang satu jam itu dibandingkan dengan 24 jam kehidupan kita dan lain-lain nampaknya kecil, tapi yang penting bukan satu jamnya, tapi mengingat bahwa mari kita hemat energi kaitannya terutama dengan listrik,” jelas Anies.

Berdasarkan perhitungan dari World Wildlife Fund for Nature (WWF), pelaksanaan Earth Hour bisa menghemat energi listrik sebesar 30 persen. “Bisa sampai 30-an persen di jam yang itu. Jadi selama sejam bisa sampai (berkurang) itu,” sebutnya.

Anies mengaku tak ingin kejadian yang sama terulang ketika dirinya masih menjabat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), belum semua gedung berpartosi saat Earth Hour. Di kawasan Senayan, hanya gedung Kemendikbud yang mematikan listrik.

“Saya ingat waktu itu di Senayan, satu-satunya lampu yang gedungnya mati (listrik) hanya gedung kami (Kemendikbud), yang lainnya masih nyala,” ungkap dia.

Adapun tujuh ikon kota Jakarta yang diminta ikut serta dalam peringatan Earth Hour yaitu gedung Balai Kota DKI Jakarta, Monumen Nasional (Monas), Patung Arjuna Wiwaha, Bundaran Hotel Indonesia (HI), kawasan Patung Pemuda, Patung Pahlawan, dan Patung Jenderal Sudirman.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : (yes/JPC)



Close Ads
Earth Hour 2018, Anies Minta Warga Jakarta Matikan Listrik Satu Jam