alexametrics

7 Ikon Kota Jakarta Ini Akan Padam Saat Earth Hour Nanti Malam

24 Maret 2018, 16:29:08 WIB

JawaPos.com – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memfokuskan pelaksanaan Earth Hour 2018 untuk seluruh bangunan atau gedung kantor Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Pemadaman listrik pukul 20.30-21.30 WIB malam nanti juga berlaku untuk gedung di jalan-jalan protokol dan jalan arteri, serta tujuh simbol kota Jakarta.

Adapun tujuh ikon kota Jakarta yang diminta ikut serta dalam peringatan Earth Hour yaitu gedung Balai Kota DKI Jakarta, Monumen Nasional (Monas), Patung Arjuna Wiwaha, Bundaran Hotel Indonesia (HI), kawasan Patung Pemuda, Patung Pahlawan, dan Patung Jenderal Sudirman.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno juga berharap kampanye tersebut bisa menginspirasi masyarakat untuk menghemat energi dan menghargai bumi.

“Saya perintahkan rumah kediaman, rumah dinas, kantor-kantor camat, kantor-kantor lurah, monas, semua aset di bawah lingkungan Pemprov DKI dimatikan selama satu jam. Mudah-mudahan bisa menginspirasi seluruh warga Jakarta untuk menghargai bumi kita,” tutur Sandi kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Sabtu (24/3).

Terpisah, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan ada pengecualian untuk pelaksanaan kampanye hemat energi itu. Menurutnya, fasilitas publik diizinkan agar tetap dalam kondisi menyala.

“Tentu saja ada pengecualian seperti lampu jalan, rumah sakit, fasilitas yang memang tidak mungkin listriknya di kurangi. Tapi secara umum, rumah, gedung, mari kita kurangi dan jadikan ini peringatan untuk kita semua,” ujarnya di Kampus Universitas Indonesia (UI), Depok, Sabtu (24/3).

Sementara itu, berdasarkan perhitungan dari World Wildlife Fund for Nature (WWF), pelaksanaan Earth Hour bisa menghemat energi listrik sebesar 30 persen. “Bisa sampai 30-an persen di jam yang itu. Jadi selama sejam bisa sampai (berkurang) itu,” sebut Anies.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : (yes/JPC)



Close Ads
7 Ikon Kota Jakarta Ini Akan Padam Saat Earth Hour Nanti Malam