alexametrics

Pemkot Jakarta Selatan Gelar Upacara Khusus untuk Anak Korban G30S PKI

23 September 2017, 13:37:20 WIB

JawaPos.com – Ade Irma Suryani adalah salah satu korban dari kebiadaban aksi G30S PKI pada 1965. Pada malam itu dia menjadi korban yang tertembak oleh pasukan Cakrabirawa yang berusaha merangsek masuk ke dalam rumah Jenderal AH Nasution. Sedangkan Jenderal Nasution ketika berhasil melarikan diri, tapi anaknya terkena tembakan.

Meninggalnya Ade dalam peristwi tragis itu dianggap sebagai bagian dari perlawanan untuk menegakkan Pancasila. Untuk mengenang jasanya, pegawai di kantor Pemerintahan Kota (Pemkot) Jakarta Selatan melakukan aksi bersih-bersih di makam almarhumah pada Jumat (22/9).

Sampah dan dedaunan yang terdapat di makam anak Nasution itu pun dibersihkan oleh petugas. “Area yang dibersihkan meliputi pembersihan rumput dan pembuangan sampah daun serta rumput yang di dalam area makam. Selain itu, petugas juga melakukan pemotongan ranting pohon yang sudah lebat, serta pemolesan dinding dan ubin sekitar makam,” tukas Kepala Bagian Umum Pemkot Jaksel Kelik Susanto, seperti yang dikutip Indopos (Jawa Pos Group).

Bahkan nantinya pada senin (2/10) mendatang, Pemkot Jakarta Selatan secara khusus melaksanakan Upacara Hari Kesaktian Pancasila di Monumen Makam alm Ade Irma Suryani Nasution. Upacara itu nanti disertai dengan tabur bunga di monumen tersebut. “Wali kota Jaksel akan memimpin acara tabur bunga tersebut pada Senin, 2 Oktober 2017,” tambahnya.

Aksi bersih-bersih dipimpin langsung Kelik Susanto dan dilakukan beberapa petugas gabungan seperti dari Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Kota Administrasi Jaksel, Cleaning Service, Pamdal serta para pegawai Wali Kota Jaksel.

Kelik mengatakan, kegiatan ini rutin dilakukan dalam rangka menjaga dan merawat Monumen Ade Irma Suryani agar tetap bersih dan asri. “Kita akan tabur bunga sekaligus mengenang jasa-jasa alm Ade Irma Suryani Nasution, yang membentengi ayahandanya, Jenderal AH Nasution, sehingga dia gugur pada saat itu,” katanya.

Editor : admin

Reporter : (iil/jpg/JPC)

Pemkot Jakarta Selatan Gelar Upacara Khusus untuk Anak Korban G30S PKI