JawaPos Radar

Terharu Aksi Warga Kampung Akuarium, Anies Isyaratkan Bertahan

23/07/2018, 17:24 WIB | Editor: Imam Solehudin
Anies Baswedan
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan turun langsung menemui ratusan massa yang melakukan aksi di depan gedung Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (23/7) (Yesika Dinta/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan turun langsung menemui ratusan massa yang melakukan aksi di depan gedung Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (23/7). Dia mengaku terharu melihat warganya yang meminta dirinya tidak meninggalkan ibu kota untuk maju Pilpres 2019.

“Saya benar-benar tadi merasa terharu mendengar yang disampaikan perwakilan tadi, bahwa telah terjadi perubahan di kampung-kampung kita. Insya Allah perubahan itu akan diteruskan, akan dituntaskan, tidak akan berhenti,” ujarnya di tengah kepungan demonstran.

Para orator sebelumnya meminta Anies untuk melanjutkan penataan kampung dan melunasi kontrak politik. Salah satunya untuk menata kembali becak di Jakarta.

Orang nomor satu di ibu kota itu pun menjelaskan, semua janji tersebut akan dilunasi.
“Tadi saya dengar cerita tentang rencana penataan kampung, akan dituntaskan. Jadi saya sampaikan kepada semua bahwa saya bertanggungjawab untuk menuntaskan itu semua,” tuturnya.

Sama halnya dengan massa yang berdemo, Anies juga mendengar ramai-ramai pemberitaan dirinya akan maju menjadi capres ataupun cawapres. Namun, dia memastikan akan tetap menuntaskan rencana untuk warga Jakarta.

“Kita semua dengar, diramaikan ini itu, padahal saya lagi di Jakarta. Lah saya lagi kerja. Saya yakinkan semua yang direncanakan Insya Allah dituntaskan semuanya,” tegas dia.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) itu menyatakan rasa cintanya kepada masyarakat. Dia menganggap apa yang disampaikan mereka pada hari ini sebagai doa dan amanat sehingga menjadi motivasinya dalam mengurus permasalahan ibu kota.

“Saya pun nggak pernah merencanakan jadi gubernur, kasihan saya juga bu. Tahu-tahu dapat tugas jadi calon (kemudian jadi Gubernur), Alhamdulillah kita bisa bekerja sama-sama untuk kebahagiaan warga semuanya,” katanya.

“Saya ingin sekali apa yang kita kerjakan semuanya tuntas. Jadi apa pun kita kerjakan harus tuntas. bapak ibu yang tenang, jangan khawatir nggak tuntas. yang sekarang rumahnya masih proses pembangunan Insya Allah dituntaskan,” tambah Anies.

Sebelumnya diberitakan, ratusan massa dari Jaringan Rakyat Miskin Kota (JRMK) dan Serikat Becak Jakarta (Sebaja) melakukan aksi bersama warga Kampung Akuarium. Mereka meminta Anies agar menyelesaikan tugasnya selama lima tahun ke depan. Mereka menolaknya maju pada Pilpres 2019.

“Kami harap Pak Anies selesaikan tugas di Jakarta karena Kampung Akuarium belum selesai hanya sementara aja mungkin 2019 akan terjadi rancangan pertama,” ujar salah satu warga Kampung Akuarium, Tedi.

(yes/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up