JPO Bundaran HI Akan Dirobohkan,Sandi: Kita Ingin Wajah Jakarta Cantik

23/07/2018, 20:00 WIB | Editor: Kuswandi
Wagub DKI Sandiaga Uno (Dery Ridwansyah/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana akan merobohkan jembatan penyeberangan orang (JPO) yang berada di Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta Pusat. Hal itu dilakukan demi menyambut perhelatan Asian Games 2018.

Keberadaan JPO itu dianggap mengganggu visualisasi atau pemandangan terhadap Monumen Selamat Datang yang menjadi simbol kota Jakarta. Pasalnya, tugu tersebut memang sengaja dibangun untuk menyambut atlet dan wisatawan Asian Games 1962 lalu.

“Kemarin rencananya, karena kita tidak ingin mengubah konstruksi pandangan kepada patung selamat datang yang merupakan simbol kepada seluruh atlet di Asian Games,” ujar Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Senin (23/7).

Terkait dengan waktu perobohannya, dia mengaku masih menunggu pembahasan matang. Saat ini, pihaknya masih mencari solusi yang akan diambil setelah JPO dihilangkan.

“Ini lagi dibahas kemarin hasilnya bisa dilakukan sebelum Asian games tapi kita lagi bahas. Kita inginkan wajah Jakarta yang cantik, rapi, mulus itu bisa juga karena kalau dilihat JPO-nya kan itu sementara juga selama pembangunan MRT,” jelas dia.

Politikus Partai Gerindra itu menyebut akan menyiapkan underpass atau jalan bawah tanah sebagai pengganti JPO. Nantinya, tempat penyeberangan itu akan bisa diakses oleh penyandang disabilitas atau difabel.

“Ada usulan dan ini lagi mudah-mudahan bisa dilakukan agar ini dipindah ke bawah jadi melalui basement atau digantikan dengan underpass untuk memastikan para pejalan kaki memiliki kesempatan menyeberang jalan tapi enggak melalui JPO. Kalau lewat underpass itu juga lebih ramah disabilitas, karena yang sekarang ini nggak mengakomodir teman-teman disabilitas,” paparnya.

Sebelumnya, rencana penurunan JPO diinisiasi oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat usai meninjau penataan jalan dan trotoar sepanjang Sudirman-Thamrin, Jakarta Pusat, Minggu (22/7).

“Jembatan penyeberangan yang sekarang masih ada di dekat Bundaran Hotel Indonesia akan kita turunkan,” kata Anies.

(yes/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi