JawaPos Radar

Dirut PT KCI Akui Ada E-Ticket Sejumlah Bank Belum Dapat Diakses

23/07/2018, 19:48 WIB | Editor: Kuswandi
Wiwik Widayanti
Konferensi Pers pembaharuan sistem e-ticketing KRL di Kantor PT KCI, Jakarta Pusat, Senin (23/8) (Gloria/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) menyatakan seluruh stasiun telah dapat mengakses tiket elektronik atau e-ticket. Namun ternyata, ada beberapa e-ticket keluaran sejumlah bank yang memang belum dapat diakses.

Menurut Direktur Utama PT KCI Wiwik Widayanti ada beberapa kartu dari bank yang belum bisa dibaca sistem. Bahkan, menurutnya, hal tersebut karena ada bank yang memang mengeluarkan kartu edaran terbaru.

"Ada beberapa kartu keluaran bank, sebab beberapa bank sempat mengeluarkan kartu edisi baru, nah itu yang perlu dimatch dengan sistem di KCI. Tidak selalu ditolak, tapi ada yang bisa ada yang tidak," terang Wiwik di Kantor PT KCI, Jakarta Pusat, Senin (23/7).

"Beberapa kartu bank yang belum bisa dibaca sistem. Kami sedang mencoba kartu-kartu dengan seri mana saja yang bermasalah," imbuhnya.

Saat ini, Wiwik tengah membangun koordinasi dengan bank-bank tersebut. Sehingga para pengguna jasa KRL pun dapat segera kembali melakukan tap in/out secara normal dengan e-ticket yang telah dimiliki.

"Kami sedang koordinasi dengan bank-bank penerbit kartu dari Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) yakni BRI, BCA, Bank Mandiri, dan BNI, kita akan sama-sama cari solusinya untuk bisa normal kembali," jelasnya.

Dikarenakan proses pembaharuan sistem tersebut, Wiwik berharap ke depan pengembangan pelayanan dari sisi transaksi tiket dan keandalan sistem dapat terus ditingkatkan.

Upaya ini, lanjut Wiwik, berlangsung dalam skala besar karena ada sekitar 1800 perangkat tiket elektronik, berupa gate, vending machine, mesin loket, dan lainnya, yang tersebar di 79 stasiun. 

Walaupun pembaruan dan pemeliharaan sistem tiket elektronik itu telah selesai, dirinya mengimbau para penumpang untuk melakukan normalisasi kartu, baik KMT, THB, maupun kartu bank. PT KCI memberikan waktu 7 hari ke depan untuk menormalisasi kembali kartu. 

"Masalah-masalah yang timbul di kartu milik pengguna akibat proses bisnis yang dijalani kurang sempurna selama tiga hari ini dapat diselesaikan di loket stasiun terdekat," tandasnya.

(rgm/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up