JawaPos Radar

Jalan Tanah Abang Mau Dibuka, Gembong: Jangan-jangan Hanya Wacana

22/03/2018, 01:55 WIB | Editor: Bintang Pradewo
Jalan Tanah Abang Mau Dibuka, Gembong: Jangan-jangan Hanya Wacana
Ketua Fraksi PDIP DPRD DKI Gembong Warsono (Evi Ariska/ JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Hak bertanya atau interpelasi ke Gubernur DKI Anies Baswedan dan Wakilnya, Sandiaga Uno akan tetap dilaksanakan. Walaupun, sudah hampir beberapa bulan wacana interpelasi itu belum juga dilaksanakan Fraksi PDIP dan NasDem DPRD DKI.

Ketua Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta Gembong Warsono menegaskan pengajuan interpelasi Anies-Sandi bukan hanya wacana semata. Tertundanya hak tanya anggota dewan tersebut lantaran pihaknya menunggu pembuktian dari pernyataan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang berencana membuka kembali Jalan Jatibaru, Tanah Abang.

"Ini bukan gertakan. Interpelasi kita tujukan untuk persoalan Tanah Abang, sementara gubernur kemarin buat pernyataan akan dibuka kembali. Sebetulnya, kita tetap tunggu realisasi pembukaan Jalan Jati Baru," kata Gembong saat dihubungi, Rabu (21/3).

Jalan Tanah Abang Mau Dibuka, Gembong: Jangan-jangan Hanya Wacana
Penataan Kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat (Dery Ridwansah/ JawaPos.com)

Kebijakan Anies-Sandi itu, kata dia, dinilai  Gembong Warsono dilakukan secara sepihak. Pasalanya, jika Pemprov DKI mendiskusikan dengan pihak terkait maka Ditlantas Polda Metro Jaya tidak akan meminta Jalan Jatibaru dibuka kembali.

"Dari situ saja sederhana kita bisa tarik kesimpulan bahwa tidak ada koordinasi yang dibuat dalam pengambilan keputusan ini. Padahal Polda Metro Jaya dan Pemprov DKI itu merupakan satu kesatuan," celetuk dia.

Gembong Warsono menerangkan, segala persyaratan pengajuan interpelasi sebanarnya telah terpenuhi. Namun karena pernyataan Anies itu pihaknya berupaya membuka kesempatan. Meski demikian, jika mantan menteri pendidikan dan kebudayaan itu tidak membuktikan pernyataannya, maka hak interpelasi akan dilanjutkan kembali.

"Pekan depan kita tindak lanjuti dari pernyataan gubernur akan direalisasi atau tidak. Jangan-jangan hanya pernyataan saja tidak ada realisasi," tegasnya.

(eve/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up