JawaPos Radar

Kabar Baik Bagi Pengguna KRL, Sistem Tiket bakal Disempurnakan

21/09/2017, 14:50 WIB | Editor: Imam Solehudin
KRL Commuter Lline
Ilustrasi KRL Commuter Line (Dok.Jawapos)
Share this

JawaPos.com - Layanan kereta rel listrik (KRL) terus meningkat setiap tahunnya. Termasuk perluasan wilayah operasional hingga ke arah barat dan timur Jakarta. Yakni Rangkas Bitung serta Cikarang (Kabupaten Bekasi).

Tidak hanya itu, pada tahun 2017 ini, PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) telah menyelesaikan pembangunan enam terowongan penyebrangan orang (underpass) dan satu jembatan penyebrangan orang (JPO).

VP Komunikasi PT KCI Eva Chairunisa mengatakan, pembangunan berbagai fasilitas ini bertujuan meningkatkan kualitas layanan sekaligus menjamin keselamatan pengguna saat berpindah peron.

Dia menambahkan, beberapa proyek pembangunan akan terus dilakukan secara bertahap. "Tahun depan pembangunan terowongan penyebrangan orang akan dimulai di empat stasiun," ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima JawaPos.com, Kamis (21/9).

Pengembangan juga dilakukan pada sistem tiket elektronik dengan hadirnya layanan isi ulang di mini market.

"Layanan ini mengawali pengembangan sistem tiket elektronik KRL untuk dapat dimanfaatkan di luar ruang lingkup PT KCI," jelasnya.

Tahun ini pula, lanjut Eva, sistem tiket elektronik akan disempurnakan dengan mekanisme penyelarasan tarif (fare adjustment), sehingga pengguna KRL nantinya tidak perlu lagi khawatir terkena penalti bila saldo, maupun relasinya kurang saat melakukan tap out.

Untuk diketahui, PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) telah bertransformasi menjadi Kereta Commuter Indonesia (KCI). Perubahan tersebut menyusul banyaknya pembangunan yang dilakukan untuk menjangkau wilayah luar dari Jabodetabek.

"Perluasan ini tentu membuat terminologi “Jabodetabek” dalam nama PT KCJ tidak lagi dapat mengakomodir cakupan wilayah operasinya," pungkas Eva.

(cr3/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up