alexametrics

Djarot: Terobosan Pasar Jaya Sukses Wujudkan Orientasi Pemprov DKI

20 September 2017, 12:35:34 WIB

JawaPos.com – Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mengatakan, PD Pasar Jaya mengalami peningkatan yang signifikan. Beberapa pasar di Jakarta telah diintegrasikan dengan aktivitas ekonomi dan sosial yang lain, misalnya dengan aktivitas perumahan.

“Berbagai macam pasar yang kita miliki, ada banyak pasar ya. Ada beberapa titik itu yang diintegrasikan. Sehingga pasar kita benar-benar mampu mengendalikan harga dan memperbaiki pasar-pasar tradisional,” ujarnya di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (20/9).

Dia melanjutkan, dari integrasi tersebut akan terbentuk satu jaringan antara pasar modern dan tradisional, sehingga lebih menarik masyarakat. Kegiatan tersebut juga meningkatkan pendapatan bagi karyawan pasar.

“Perubahan-perubahan seperti ini, tentunya di dalam internal ini akan berbenturan dengan nilai-nilai yang lama. Saya katakan kepada Pak Arif (Direktur Utama PD Pasar Jaya) jalankan saja, selain meningkatkan kinerja, juga meningkatkan pendapatan bagi para pegawai pasar,” tuturnya.

Kemajuan lainnya, yakni menekan telah mampu melawan praktik korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN). Karena telah dibangun standar akuntansi yang memadai.

“Saya melihat pasar yang dibangun cukup bagus, kemudian ada terobosan-terobosan termasuk membikin standar akuntansi pasar. Bagus,” imbuhnya.

Kemudian, sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) juga membuat terobosan untuk membangun pusat grosir, yang disebut Jak Grosir hingga Jak mart. Terobosan penting lainnya, mereka terlibat di Jakarta Great Sale Festival secara aktif.

Pasar Jaya juga mengembangkan penyimpanan produk-produk pertanian seperti di Controlled Atmosphere Storage (CAS) yang dapat menjadi contoh dan ditiru di banyak tempat.

“CAS itu untuk supaya ketika harga murah kita bisa intervensi dan kita beli dengan harga yang wajar untuk membantu para petani,” jelas Gubernur yang akan segera lengser itu.

Hal-hal tersebut merupakan orientasi Pemprov DKI Jakarta dalam membantu mengembangkan dan memberdayakan para pedagang.

“Orientasi kita pada para pedagangnya. Jadi orientasi seluruh karyawan PD Pasar Jaya harus kepada pedagang pasar tradisional itu. Bagaimana dia bisa berkembang, bagaimana berdaya, bagaimana jualannya laku, bagaimana ekonomi mikro di tingkat paling bawah itu juga bergerak,” tukasnya. 

Editor : admin

Reporter : (cr3/JPC)


Close Ads
Djarot: Terobosan Pasar Jaya Sukses Wujudkan Orientasi Pemprov DKI