alexametrics

35 Persen Pasar di Jakarta Rentan Terbakar

20 Januari 2017, 11:06:26 WIB

JawaPos.com – Sebanyak 35 persen dari 153 pasar yang dikelola PD Pasar Jaya kondisinya tidak memadai. Hal itu disebabkan kondisinya masih berupa bangunan lama dan belum direnovasi.

Humas PD Pasar Jaya Gatra Vaganza mengklaim, 65 persen dari 153 pasar sudah menggunakan bangunan baru dan telah dilengkapi dengan sistem pengelolaan kebakaran dengan baik. “Masih ada 35 persen yang jadi perhatian kita,” ungkap Gatra saat dikonfirmasi, Jumat (20/1).

Gatra memastikan, pasar-pasar yang telah direnovasi sudah lengkapi alat pemadam kebakaran yang strategis. Namun, dia mengakui, beberapa pasar yang belum direnovasi, alat pemadam kebakaran belum sepenuhnya terintegrasi dengan baik.

“Kalau untuk pasar-pasar lama yang belum sepenuhnya direnovasi, itu yang pasti ada penjagaan kita di sana. Security patroli keliling memastikan kondisi aman. Hanya, kalau pemicu (kebakaran) dari satu kios, kalau kecil pun kita sulit deteksi,” tuturnya.

Dia juga mengakui, untuk mencegah terjadinya kebakaran di pasar tradisional juga butuh kerja sama dari semua elemen di pasar, termasuk pedagang. Perlu kesadaran dari segala pihak untuk sama-sama peduli keselamatan.

Kata Gatra, seluruh pedagang di pasar tradisional juga sudah diimbau setidaknya memiliki alat pemadam api ringan (APAR) di kiosnya masing-masing. Hal ini agar ketika terjadi kebakaran, para pemiliki kios dapat langsung bereaksi.

Diketahui, pada Kamis, 19 Januari, kebakaran melanda Pasar Senen Blok I dan II. Api pertama kali terlihat sekitar pukul 04.43 dini hari. Api yang berkobar di Pasar Senen baru bisa dipadamkan pada Jumat dini hari pukul 00.00 WIB. Petugas pemadam kebakaran mengakui kesulitan memadamkan api, karena kios yang terbakar kebanyakan merupakan barang tekstil yang mudah terbakar.

Sedikitnya 1.691 kios terdeteksi habis dilalap si Jago Merah di Pasar Senen. Jumlah ini merupakan jumlah terakhir yang tercatat hingga pukul 20.47, Kamis, 19 Januari 2017. Daerah terbakar berada pada kios di Blok 1 dan blok 2 lantai 1 sampai dengan lantai 4. (elf/JPG)

Editor : Ilham Safutra


Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads
35 Persen Pasar di Jakarta Rentan Terbakar