alexametrics

Lolos Putaran Kedua, Ahok-Djarot Harus Tetap Cuti 

18 Februari 2017, 17:34:58 WIB

JawaPos.com – Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama dan wakilnya Djarot Saiful Hidayat disebut harus tetap mengambil cuti jika telah dipastikan maju kembali ke Pemilihan Gubernur DKI Jakarta putaran kedua. Ini disampaikan Guru Besar Ilmu Pemerintahan Djohermansyah Djohan dalam sebuah diskusi di Menteng, Jakarta, Sabtu (18/2).

“Kalau dia ada kampanye, debat kemudian dia dibolehkan untuk rapat terbatas dengan masyarakat, bisa blusukan, gerilya ke lapangan, itu harus cuti. Sebaiknya minta cuti karena dia kan melakukan,” kata Djohermansyah.

Berdasar jadwal dari Komisi Pemilihan Umum (KPU), kampanye putaran kedua berlangsung pada 6 April hingga 15 April 2017. Dengan demikian, ada sembilan hari masa kampanye yang harus dijalani pasangan petahana Ahok dan Djarot.  “Iya walau cuma sembilan hari, dua-duanya cuti dulu,” ujar Djohermansyah.

Mantan Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri, itu menjelaskan, sebagai penggantinya, pemerintah tidak perlu lagi mengangkat Pelaksana Tugas (Plt) dari Kementerian Dalam Negeri. Menurut dia, plt gubernur cukup diisi oleh Sekretaris Daerah (Sekda). 

“Terlalu pendek waktunya ngapain, cukup Sekda menjadi Plt gubernur, Sekda provinsi DKI menjadi Plt gubernur. Cukup sekda saja. Tak perlu jauh jauh ngambil kemendagri, karena cuma bilangan hari, tidak perlu bilangan bulan, kemarin kan bilangan bulan ya, lama,” pungkasnya. (Put/jpg)

Editor : Mohamad Nur Asikin


Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads
Lolos Putaran Kedua, Ahok-Djarot Harus Tetap Cuti