JawaPos Radar

Harga Gula Melambung, Bulog dan Inkoppol Operasi Pasar

17/09/2016, 06:14 WIB | Editor: Mochamad Nur
Harga Gula Melambung,  Bulog dan Inkoppol Operasi Pasar
Ilustrasi (Dok JPNN)
Share this image

JawaPos.com - Induk Koperasi Kepolisian Indonesia (Inkoppol) bersama Bulog, dan PD Pasar Jaya, menggelar operasi pasar khusus gula pasir di Pasar Grogol, Jakarta, guna meredam kenaikan harga.

”Kita menjual gula pasir dalam operasi pasar dengan harga  Rp12.500/kilogram,” kata Kepala Divisi Perdagangan dan Pergudangan Inkoppol, Irjen Pol (Purn) Mudji Waluyo di sela-sela operasi pasar bersama Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita di Jakarta, sebagaimana dikutip Indopos, Sabtu (17/9).

Dikatakan, operasi pasar untuk gula pasir  merupakan yang pertama kalinya untuk wilayah Jakarta. 

Untuk wilayah DKI Jakarta sendiri, tambah dia, di 43 pasar yang dikelola PD Pasar Jaya, namun pihaknya juga melakukan kegiatan serupa di supermarket dan pasar ”becek.”

Setiap lapak dapat keuntungan Rp 500/kilogramnya. Karena dari Inkoppol sendiri menyediakan dengan harga Rp 12 ribu/kilogram. Sedangkan harga di pasaran saat ini mencapai angka Rp16 ribu/kilogram.

Dia menjamin stok gula pasir khususnya untuk wilayah DKI Jakarta yang dimiliki Inkoppol masih mencukupi sampai akhir Desember 2016 mendatang.   

”Kita punya 20 ribu ton gula, berarti kalau dirata-ratakan setiap hari siap 200 ton gula pasir,” tambahnya.

Sekadar untuk diketahui, dalam program operasi pasar dari Kemendag itu, Inkoppol mendapatkan jatah wilayah di Pulau Jawa, meliputi Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Sementara, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menyatakan Inkoppol dan Bulog mendapatkan penugasan untuk memasok gula, beras dan daging guna menstabilkan harga di pasaran saat ini. 

”Yang penting adalah pola kerjasama dengan PD Pasar Jaya untuk menampung menyalurkan kepada pedagang kemudian menyalurkan kepada konsumen,” urainya.

Pola ini berlaku di seluruh pasar di DKI, nanti akan diikuti di daerah lainnya guna memotong mata rantai agar harga tidak berlebihan hingga stabil. 

Sementara itu, salah seorang warga Yudi mengaku merasa tertolong dengan adanya operasi pasar yang digelar oleh Inkoppol itu karena harganya murah dibandingkan yang ada di pasaran. 

“Saya beli gula pasir Rp 12.500 per kilogram, mudah-mudahan operasi pasar ini terus berlangsung,” harapnya. (ibl/nas/JPG)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up