alexametrics

Sukses di Malang, Kampung Warna-Warni Hadir Juga di Lenteng Agung

17 Januari 2018, 11:38:24 WIB

JawaPos.com – Kelurahan Lenteng Agung, Jagakarsa, Jakarta Selatan, menciptakan kampung warna warni, tepatnya di RW 07 dan RW 04. Beragam warna tertuang di tembok sepanjang wilayah RW tersebut hingga membentuk lukisan-lukisan yang unik.

Lurah Lenteng Agung Satia mengungkapkan kampung Warna-Warni kini masih dalam proses pengecatan. Dia mengaku melakukan program tersebut karena terinspirasi dari kota Malang, Jawa Timur yang juga memiliki kampung warna-warni kemudian viral di media sosial.

“Gerakan masyarakat melakukan pengecatan di tembok itu sekarang lagi ngetrend. Lalu di medsos (media sosial) juga banyak yang selfie di Kampung Warna Warni di Malang. Kenapa tidak dibuat saja di lingkungan kita, akhirnya saya coba kasih ide ke Karang Taruna, ternyata disambut baik oleh mereka dan terus disampaikan lagi di pertemuan RT/RW,” ujarnya, Rabu (17/1).

Sukses di Malang, Kampung Warna-Warni Hadir Juga di Lenteng Agung
Kelurahan Lenteng Agung, Jagakarsa, Jakarta Selatan, menciptakan kampung warna warni. (Istimewa)

Satia menuturkan, masyarakat sangat antusias dalam menyambut ide Kampung Warna Warni ini. Menurutnya, dengan ini juga masyarakat yang memiliki kemampuan melukis bisa terakomodir kemampuannya.

“Jadi, bagi mereka yang punya bakat melukis, kita juga bikin spot-spot lukisan tiga dimensi. Di dalam lukisan itu kita selipkan tema-tema motivasi buat warga. Contohnya seperti mengenai kebersihan di dalam lingkungan masyarakat,” tutur Satia.

Dia pun memiliki target bahwa kedepannya, Kelurahan Lenteng Agung akan menjadi Kampung Warna Warni secara keseluruhan. “Selain itu, ke depan akan kita kembangkan lagi dengan industri. Jadi bagi warga yang datang kesitu tidak hanya selfie-selfie saja tapi bisa juga belanja. Ini sejalan dengan kebijakan gubernur (Anies Baswedan), terkait dengan enterpreneurship di OK OCE,” pungkasnya.

Melihat hal itu, salah satu warga Lenteng Agung, Saugy, 28, mengaku antusias untuk menciptakan kampungnya menjadi terlihat berbeda. Pengecatan pun sudah dilakukan secara bahu-membahu oleh warga sejak minggu lalu.

“Semuanya dilakukan warna warni. Nggak pake duit warga. Tadinya tembok-tembom rumah biasa. Ngikutin kampung di Malang kayaknya. Lebih indah dilihat saja,” ujar bapak satu anak itu.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : (yes/JPC)

Sukses di Malang, Kampung Warna-Warni Hadir Juga di Lenteng Agung