JawaPos Radar

Kartu Multi Trip KRL, Dapat Digunakan Untuk Bus! Segini Harganya

16/03/2018, 12:51 WIB | Editor: Bintang Pradewo
Kartu Multi Trip KRL, Dapat Digunakan Untuk Bus! Segini Harganya
Ilustrasi KRL (Dok JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - PT Commuter Indonesia bersama dengan Perum Pengangkutan Umum Penumpang Djakarta (PPD) merilis Kartu Multi Trip (KMT) yang dapat digunakan untuk bus kota. Kerja sama ini guna mendukung implementasi integrasi antara moda di ibu kota. 

Direktur utama Perum PDD,  Pande Putu Yasa mengatakan,  kerja sama antara transportasi angkutan bus dan kereta ini baru pertama kalinya dilakukan. Mereka pun memilih rute Sudirman untuk tahap awal, melihat banyaknya lonjakan penumpang dikawasan tersebut.

"Karena kita lihat lonjakan penumpang paling besar ada di Sudirman. Pergerakan orangnya juga luar biasa," kata Pande di stasiun Sudirman,  Jakarta Pusat, Jumat (16/3).

Dia menjelaskan, pihaknya menyediakan enam unit bus yang terbagi menjadi dua tipe yakni bisnis dan premium layaknya seperti kereta api. Lanjut kata dia, bus premium terdiri dari 34 kursi dan bisnis 59 kursi.

"Premium 34, kalau bisnis 59. Jadi jumlah armada yang kami siapkan disini ada 6 bus dan akan terus bertambah. Artinya kalau ada permintaan penambahan bus dari masyarakat akan kami lakukan," ungkapnya.

Sementara Direktur Operasi dan Pemasaran PT KCI,  Subakir mengungkapkan,  lonjakan penumpang dikawasan Sudirman mencapai 65.000 perharinya, bahkan angka tertinggi ada pada 75.000 penumpang. Nantinya kata Subakir,  penumpang hanya perlu membayar Rp.  5.000 rupiah untuk satu kali perjalanan.

"Iya (bayar), kan penumpang turun dari Sudirman akan melanjutkan trayek di Gambir atau Sudirman ke Blok M, hanya membayar 5.000 trayek busnya," terang Subakir.

Kemudian,  terkait mekanisme penggunaan KMT,  para penumpang hanya melakukan tap kartu pada readser yang telah tersedia dan saldo otomatis akan terpotong denfan sendirinya. "Tap lagi di busnya, karena ada pengaturan KMT dari PPD-nya," pungkasnya.

Untuk diketahui,  tahao awal KMT baru diberlakukan Transcommuter PPD dengan rute Stasiun Sudirman ke Stasiun Gambir dan Stasiun Sudirman ke Blok M dengan harga tiket Rp.  5.000 sekali perjalanan. Sementara pelayanan akan dimulai sejak pukul 05:00 WIB hingga 22:00 WIB setiap harinya, dengan waktu pemberangkatan setiap 30 menit sekali.

(eve/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up