alexametrics

Revisi Perda, Anies Naikkan Tarif Pajak Parkir Jakarta jadi 30 Persen

15 Mei 2018, 05:30:52 WIB

JawaPos.com – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan jawaban atas pandangan fraksi-fraksi DPRD DKI Jakarta terhadap Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) perubahan tentang Perda Nomor 16 Tahun 2010 tentang Pajak Parkir. Dalam Raperda pajak parkir, salah satu poin yang akan diubah yaitu besaran pajak yang semula 20 persen menjadi 30 persen.

Anies mengatakan, kenaikan yang bertujuan mendorong penggunaan kendaraan pribadi ke transportasi publik itu sesuai dengan Undang-Undang 28/2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah. Di dalamnya disebutkan bahwa tarif pajak parkir paling tinggi 30 persen.

Menurutnya, dengan tarif yang baru, pendapatan asli daerah (PAD) DKI Jakarta akan lebih meningkat. “Di lain pihak, Pendapatan Asli Daerah minimal dapat dipertahankan untuk pembiayaan pembangunan Kota Jakarta,” ujar Anies dalam rapat paripurna di gedung DPRD DKI Jakarta, Senin (14/5).

Revisi Perda, Anies Naikkan Tarif Pajak Parkir Jakarta jadi 30 Persen
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama Wakil Gubernur Sandiaga Uno beserta Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta M Taufik dan Abaraham Lunggana (Haji Lulung) usai rapat paripurna di gedung DPRD DKI, Senin (Yesika/JawaPos.com)

Sementara itu, Kepala Badan Pajak dan Retribusi Daerah (BPRD) Edi Sumantri mengungkapkan, kenaikan tarif pajak parkir dirasa wajar karena di kota-kota pinggir ibu kota seperti Depok, Tangerang, dan Bekasi sudah menerapkan sebesar 25 persen. Oleh karena itu, DKI seharusnya mematok harga yang lebih tinggi.

“Sudah kami naikkan, (target) pajak parkir sudah naik menjadi Rp 685 miliar tahun ini dari (sebelumnya) Rp 600 Miliar (tahun) kemarin,” ungkapnya saat ditemui terpisah.

Seluruh perubahan tersebut akan diatur melalui peraturan gubernur (Pergub) yang juga akan direvisi setelah Perda tersebut selesai. Pengaturan tarif pajak parkir sendiri berada di ranah Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta.

“Ada di dishub. Nanti tergantung Pergub setelah Perda ini akan disusun kembali,” pungkas Edi.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : (yes/JPC)



Close Ads
Revisi Perda, Anies Naikkan Tarif Pajak Parkir Jakarta jadi 30 Persen