alexametrics
Ketimpangan di Jakarta

Anies: Restoran Penuh Tapi Ada Warga yang Tak Bisa Buka Puasa

15 Mei 2018, 13:40:27 WIB

JawaPos.com – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bertekad mengentaskan ketimpangan di tengah masyarakat ibu kota. Salah satunya dengan cara merangkul warga miskin untuk berbuka puasa bersama. Mereka yang tersebar di 223 RW baik di kota maupun kabupaten itu tidak boleh lagi merasakan kelaparan.

“Dua hari lagi kita akan masuk di bulan suci Ramadan. Dan kita menjadikan bulan Ramadan ini menjadi satu awalan,” ujarnya di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (15/5).

Ketimpangan menjadi satu masalah terbesar di Jakarta. Mereka tak hanya terlihat antara miskin dan kaya, namun juga pendidikan dan pekerjaan. Hal itu juga nyata terlihat saat bulan puasa, di mana banyak restoran yang ramai terpesan sementara banyak juga warga yang kesulitan berbuka puasa.

“Ada restoran yang fully booked 30 hari dan ada masyarakat yang kekurangan untuk bisa berbuka puasa. Itu juga ketimpangan,” tutur Anies.

Oleh karena itu, dirinya ingin menyediakan makanan berbuka di sepanjang bulan Ramadan nanti agar masyarakat di perkampungan terfasilitasi. Selama ini, kata Anies, di kampung-kampung terasa lengang karena buka puasa masih terbatas.

“Sejak kita mulai bertugas, kita selalu mendorong agar lebih banyak lagi kegiatan yang kita kerjakan bersama-sama antara pemerintah dengan masyarakat,” papar mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) itu.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bersama Aksi Cepat Tanggap (ACT) dan Dompet Dhuafa (DD) akan menggelar buka puasa bersama di 223 RW yang tersebar di enam wilayah kabupaten dan kota se-Jakarta. Hal tersebut bertujuan agar tidak ada lagi warga miskin di ibu kota yang kelaparan dan tidak dapat berbuka puasa.

Pemprov DKI menggandeng dua lembaga kemanusiaan tersebut yang sudah terkenal dengan kredibilitas dan terpercaya dalam masyarakat. Menurutnya, ACT dan DD sudah cukup berpengalaman.

“Pemerintah membutuhkan mitra yang kredibel dan teruji dalam penyalurannya. Lembaga yang memiliki kepercayaan publik tinggi. Lembaga yang sudah berpengalaman melakukan kegiatan-kegiatan kemanusiaan ini,” tutur Anies

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : (yes/JPC)


Close Ads
Anies: Restoran Penuh Tapi Ada Warga yang Tak Bisa Buka Puasa