alexametrics

TPS Basis Wilayah Anies Baswedan Kekurangan Surat Suara

15 Februari 2017, 08:27:21 WIB

JawaPos.com – Pemungutan suara di TPS 28, RT 06 RW 04, Kelurahan Cilandak Barat, Cilandak, Jakarta Selatan, yang merupakan basis wilayah calon gubernur DKI Jakarta nomor urut 2, Anies Baswedan, sempat mengalami kendala. Sebab, jumlah surat suara dinyatakan kurang.

Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara di TPS 28 Ahmad Subai mengatakan, mereka kekurangan 84 surat suara. Dia menerangkan, bungkus pertama harusnya berjumlah 400 buah surat suara sesuai tulisan yang ada di sampul. Namun, setelah dihitung, hanya berjumlah 286 surat suara.

Sedangkan di bungkus kedua, di sampul tertera 316 buah. Namun setelah dihitung, ada 318 buah surat suara. Jadi, total surat suara yang tersedia sebanyak 614 buah.

“Seharusnya 716, logistik kurang 102,” ujarnya usai pengecekan surat suara di lokasi TPS 28.

Memang seharusnya mereka kekurangan 84 buah surat suara berdasarkan 698 Daftar Pemilih Tetap (DPT) di TPS 28. Namun, sesuai ketentuan, di TPS harus tersedia cadangan 2,5 persen surat suara.

Karena kekurangan surat suara itu, pemilihan sempat tertunda. Namun,  dikarenakan faktor waktu dan banyaknya pemilih yang sudah hadir, akhirnya panitia memutuskan pemilihan segera diselenggarakan usai berkoordinasi dengan kelurahan setempat.

Mereka pun tidak diperkenankan menanbah surat suara, alhasil kelurahan Cilandak menginstruksikan kepada KPPS, agar sejumlah pemilih yang terdaftar di TPS 28 dioper ke TPS lain. “(Mencoblos) di TPS terdekat,” pungkas Ahmad. (dna/JPG)

Editor : Thomas Kukuh


Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads
TPS Basis Wilayah Anies Baswedan Kekurangan Surat Suara