alexametrics

Ribuan Warga Bekasi Ikut Nyoblos Pilgub DKI

15 Februari 2017, 15:28:15 WIB

JawaPos.com – Keramain pemilihan Gubernur DKI Jakarta ternyata juga dirasakan warga kota penyangga. Warga Kota Bekasi, misalnya. Meski berdomisili di Bekasi, mereka masih memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) Jakarta.

Inspektur Pembantu Inspektorat Kota Bekasi Hani Iswadi, misalnya, meski bekerja di lingkungan Pemerintahan Kota Pemkot Bekasi, tapi dia masih ber-KTP Jakarta. “Besok (hari ini) saya harus nyoblos di Jakarta, dan kebetulan juga libur,” tuturnya kepada Radar Bekasi (Jawa Pos Group).

Hani mengaku akan melakukan pencoblosan di Halim, Jakarta Timur, yang merupakan tempat tinggalnya sesuai alamat KTP. “Saya lupa nomor TPS-nya, tapi surat undangan sudah diterima jauh-jauh hari,” beber Hani. Saat ditanya siapa yang akan dia pilih pada Pilgub DKI Jakarta, Hani tidak bersedia menyebutkan nama.

“Yang pasti mudah diajak kerja sama dengan Kota Bekasi, kebetulan saya kan bekerja di Pemkot Bekasi,” ujarnya. Hal senada diungkapkan, Nindiya Putri, mahasiswa yang ngekos di Kota Bekasi, tapi KTP Jakarta, sehingga nyoblos di DKI.

“Saya pulang, tidak akan melewatkan kesempatan pesta politik lima tahunan ini,” kata wanita yang kuliah di salah satu Universitas di Kota Bekasi ini. Diperkirakan ada sekitar ribuan warga yang tinggal di Kota Bekasi, namun masih ber-KTP Jakarta, bakal ikut menentukan siapa yang akan menjadi Gubernur DKI Jakarta 2017-2022.

Kepala Dinas Pendudukan dan Catatan Sipil (DisdukCapil) Kota Bekasi, Erwin Effendi membenarkan ada ribuan warga yang ber-KTP Jakarta tinggal di Kota Bekasi. “Kurang lebih sekitar 2.500 warga Jakarta masih tinggal di Kota Bekasi. Namun untuk jumlah pastinya saya belum tahu, dan kami akan verifikasi datanya,” janji Erwin.

Lanjut Erwin, selama ini warga yang ber-KTP Jakarta bekerja atau melanjutkan pendidikannya di Kota Bekasi. “Ada juga yang tinggal di rumah saudaranya, bahkan kuliah atau tinggal di Kota Bekasi tapi masih ber-KTP Jakarta, mereka kebanyakan tidak ingin merubah indentitas karena alasan hanya tinggal sementara,” terangnya. (sar/yuz/JPG)

Editor : Yusuf Asyari


Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads
Ribuan Warga Bekasi Ikut Nyoblos Pilgub DKI