JawaPos Radar

Hak Interpelasi Diundur, PDIP Tunggu Pembuktian Anies-Sandi

14/03/2018, 01:00 WIB | Editor: Bintang Pradewo
Hak Interpelasi Diundur, PDIP Tunggu Pembuktian Anies-Sandi
Gubernur DKI Anies Baswedan dan Wakil Gubernur Sandiaga Uno. (Dok. JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD DKI Jakarta Gembong Warsono menyatakan hak interpelasi anggota dewan yang dicanangkannya bersama Fraksi NasDem diundur untuk sementara. Pasalnya, mereka menunggu pembuktian dari pernyataan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk membuka kembali Jalan Jatibaru, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

"Gubenur kan sudah berstatmen kalau akan dibuka lagi Jalan Jatibaru, nah karena sudah ada statement seperti itu maka interpelasi kita pending dulu," ujarnya saat dihubungi JawaPos.com, Selasa (13/2).

Anggota komisi A itu menerangkan satu-satunya alasan pengajuan hak interpelasi anggota dewan untuk meminta keterangan dan penjelasan terkait penutupan Jalan Jatibaru. Sehingga, jika Anies kembali membuka Jalan Jatibaru, maka tidak ada alasan melanjutkan hak interpelasi.

Hak Interpelasi Diundur, PDIP Tunggu Pembuktian Anies-Sandi
Penataan Kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat (Dery Ridwansah/ JawaPos.com)

"Karena persoalan kita cuma Tanah Abang. Kalau Tanah Abang dibuka ngapain kita lanjutkan," ungkapnya.

Meski mengendur soal pengajuan hak interpelasi, Gembong menegaskan rencana tersebut tetap berjalan. Jika Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu tidak dapat membuktikan pernyataannya untuk mengembalikan fungsi jalan.

Maka beberapa Fraksi DPRD DKI akan melanjutkan hak tanya anggota dewan tersebut. "Bukan dibatalkan, tapi tunggu dulu realisasinya, wait and see dulu lah. Kita menunggu dulu realisasi dari Gubernur itu, kapan direalisasikan pernyataan dari Gubernur itu," pungkasnya.

Diwartakan sebelumnya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta masih mencari alternatif untuk menampung para pedagang kaki lima (PKL) yang kini menggunakan Jalan Jatibaru, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Sebab dalam rencana jangka menengah, kemungkinan besar jalan tersebut akan dibuka kembali untuk kendaraan.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengatakan, terkait dengan pemindahan PKL sudah diantisipasi dengan tempat yang baru. Dia berjanji akan mengumumkan penataan kawasan Tanah Abang jangka menengah pada pekan depan.

"Kami sudah ada tempatnya yang dicanangkan. Nanti kita akan presentasekan," ujarnya di kawasan Jagakarsa, Jakarta Selatan, Sabtu (3/3).

(eve/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up