alexametrics

Elektabilitas Anies-Sandi Jadi Turun?

14 Maret 2017, 10:10:44 WIB

JawaPos.com – Di putaran kedua Pilgub DKI Jakarta, pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno mulai tersandung kasus hukum. Meski begitu, sejumlah pihak memprediksi hal itu tak membuat elektabilitas keduanya menurun.

Salah satu yang meyakini elektabilitas Anies-Sandi tak melorot meski tersandung hukum adalah pengamat politik Emrus Sihombing. Kata dia, warga Jakarta merupakan pemilih yang berpendidikan tinggi. “Saya pikir elektabitas itu tidak banyak berpengaruh, karena masyarakat Jakarta pemlih rasional,” kata Emrus ketika dikonfirmasi, Selasa (14/3).

Menurutnya, pemilih Jakarta bakal berpikir kritis atas kasus hukum kepada Anies-Sandiaga. Mereka tidak mudah percaya. Masyarakat akan menduga adanya unsur politis di kasus yang menjerat Anies-Sandiaga.”Pemilih Jakarta rasional dan berpendidikan. Mereka akan otomatis berpikir, kasus ini kental bernuansa politis atau hukumnya,” tutur Emrus.

Diketahui bahwa nama Anies terseret ke lembaga antirasuah usai dilaporkan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) atas dugaan korupsi proyek Frankfurt Book Fair pada 2015 di Kementerian Pendidikan. Proyek itu dikabarkan diketuk sebelum Anies resmi menjabat sebagai menteri.

Sementara untuk sang wakil yakni Sandiaga Uno harus berurusan dengan Kepolisian Sektor Tanah Abang. Dia dipanggil Polsek Tanah Abang perihal pencemaran nama baik.

Bahkan, Sandi sapaan akrab Sandiaga Uno, kembali diseret kasus oleh seseorang. Sandi dikaporkan ke Polda Metro Jaya atas dugaan tindak pidana penggelapan uang pada 2011 lalu. (elf/JPG)

Editor : Thomas Kukuh


Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads
Elektabilitas Anies-Sandi Jadi Turun?