alexametrics

Kurang Sosialisasi, Jasa Marga Tunda Kenaikan Tarif Tol Bandara Soetta

14 Februari 2019, 09:57:59 WIB

JawaPos.com – PT Jasa Marga (Persero) Tbk menunda kenaikan tarif tol Sedyatmo hari ini, Kamis (14/2). Ruas Tol Sedyatmo merupakan ruas tol yang menghubungkan Jakarta dengan Bandara Internasioal Soekarno-Hatta. Ruas tol ini melintasi Jakarta Utara, Jakarta Barat, dan Kota Tangerang.

“Guna memberikan sosialisasi yang lebih optimal kepada masyarakat, khususnya para pengguna jalan tol, penyesuaian tarif Jalan Tol Prof. Dr. Ir. Soedijatmo ditunda sampai waktu yang akan diinformasikan kemudian,” kata AVP Corcomm Jasa Marga Irra Susiyanti dalam keterangan resmi, Kamis (14/2).

Sebelumnya, tarif tol Bandara Soetta itu bakal naik sebesar Rp 500 bertepatan dengan hari valentine. Dimana tarifnya akan naik dari Rp 7000 menjadi Rp 7500 untuk golongan I. Belum diketahui kapan batas waktu sosialisasi atau penundaan kenaikan tarif ini.

Kurang Sosialisasi, Jasa Marga Tunda Kenaikan Tarif Tol Bandara Soetta
Ilustrasi jalan tol, karena kurang sosialisasi kanaikan tarif tol Bandara Soetta ditunda (Istimewa)

Penundaan kenaikan tarif Tol Jabodetabek bukan pertama kali terjadi. Atas alasan sosialisasi, Jasa Marga juga pernah menunda pemberlakuan integrasi tarif tol Jakarta Outer Ring Road (JORR).

Sedianya, Integrasi sistem transaksi tol JORR jauh dekat sama ini akan diterapkan mulai Rabu 20 Juni 2018 pukul 00.00 WIB. Namun karena ditunda, baru resmi diberlakukan pada akhir September 2018.

Adapun, penyesuaian tarif tol ini telah diatur dalam Pasal 48 ayat (3) Undang-Undang (UU) Nomor 38 Tahun 2004 tentang Jalan dan Pasal 68 ayat (1) Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 15 Tahun 2005 tentang Jalan Tol, sebagaimana telah diubah beberapa kali terakhir dengan PP Nomor 30 Tahun 2017 tentang perubahan ketiga atas PP Nomor 15 Tahun 2005 tentang Jalan Tol.

“Berdasarkan regulasi tersebut, evaluasi dan penyesuaian tarif tol dilakukan setiap dua tahun berdasarkan tarif lama yang disesuaikan dengan pengaruh inflasi,” tuturnya.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : Uji Sukma Medianti



Close Ads
Kurang Sosialisasi, Jasa Marga Tunda Kenaikan Tarif Tol Bandara Soetta