alexametrics

Jelang Sidang Sengketa Pemilu, Polda Tutup Sejumlah Ruas Jalan di MK

13 Juni 2019, 16:59:31 WIB

JawaPos.com – Kepolisian menyiapkan rencana rekayasa lalu lintas Jelang sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) yang berlangsung di Mahkamah Konstitusi (MK) esok hari, Jumat (14/6). Pengalihan arus itu, akan diberlakukan di sekitar Jalan Medan Merdeka Barat dan sekitar gedung MK.

Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, Komisiaris Polisi M. Nasir mengatakan, rekayasa tersebut mulai diterapkan sejak Kamis (13/6) malam.

“Dalam rangka giat sidang PHPU di Gedung MK, ada beberapa ruas jalan yang akan dialihkan, karena beberapa ruas jalan ditutup,” kata Nasir, Kamis (13/6).

Nasir juga menuturkan, rekayasa lalu lintas itu akan diterapkan jelang tengah malam nanti hingga saat proses sidang berlangsung. Namun, rekayasa ini sifatnya situasional.

“Rencana pengalihan arus lalu lintas dimulai pukul 22.00 WIB malam ini, namun sifatnya situasional,” imbuhnya.

Terpisah, Plt Kadishub DKI Jakarta Sigit Widjatmoko mengatakan, pihaknya akan membantu penuh rekayasa lalu lintas yang diterapkan kepolisian. Namun, di sisi lain dia akan memastikan pelayanan publik seperti Transjakarta akan berjalan meskipun mengalami pengalihan rute.

“Kedua, memastikan mobilitas masyarakat tetap terlayani dengan baik artinya sedemikian rupa operasional angkutan umum utamanya teman-teman dari Transjakarta bisa tetap beroperasi,” kata Sigit.

Dijelaskan Sigit, sejauh ini masih dalam tahap pematangan rencana rekayasa lalu lintas oleh kepolisian. Sehingga dirinya belum bisa memastikan sampai kapan pengalihan arus akan tetap diberlakukan.

“Kita mendukung tugas kepolisian apapun yang dimohonkan dari pihdak kepolisian itu yang kita ikuti,” pungkas Sigit.

Diketahui, MK akan menggelar sidang pendahuluan perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) pada 14 Juni 2019. Sidang selanjutnya akan digelar 17 Juni dengan agenda pemeriksaan pembuktian. Dan pembacaan putusan pada 28 Juni atau bisa lebih cepat tergantung para pihak yang terlibat dalam sengketa.

Berikut rekayasa lalu lintas di sekitar gedung MK:

1. Arus lalu lintas dari Jalan MH Thamrin menuju Jalan Medan Merdeka Barat dialihkan ke kiri maupun kanan ke Jalan Kebon Sirih.

2. Arus lalu lintas dari Jalan Fachrudin menuju Jalan Budi Kemuliaan diluruskan ke Jalan Abdul Muis dan arus lalu lintas dari Jalan Abdul Muis menuju Jalan Budi Kemuliaan diluruskan ke Jalan Fachrudin.

3. Arus lalu lintas dari Jalan Abdul Muis menuju Jalan Museum diluruskan ke Jalan Majapahit atau Jalan Fachrudin.

4. Arus lalu lintas dari Jalan Hayam Wuruk menuju Jalan Majapahit dialihkan ke Jalan IR H Juanda.

5. Arus lalu lintas dari Jalan Veteran Raya menuju jalan Majapahit diluruskan ke Jalan Suryo Pranoto maupun ke kanan Jalan Hayam Wuruk.

6. Arus lalu lintas dari Jalan Veteran Raya menuju Jalan Veteran III diluruskan ke arah Harmoni.

7. Arus lalu lintas dari Jalan Medan Merdeka Timur menuju Jalan Medan Merdeka Utara dibelokan ke kanan Jalan Perwira.

8. Arus lalu lintas dari Jalan M Ridwan Rais menuju Jalan Medan Merdeka Selatan diluruskan ke Jalan Medan Merdeka Timur.

Sementara itu ruas jalan di sekitar gedung MK yang ditutup diantaranya:

1. Jalan Medan Merdeka Barat sisi timur dan barat penempatan MCB barrier di depan Museum Gajah.

2 .Jalan Medan Merdeka Utara MCB Barrier di depan gedung Kemendagri.

3. Jalan Vetran Raya samping Hotel Sriwijaya arah Harmoni.

4. Jalan Majapahit ujung Harmoni.

5. Jalan Abdul Muis arah utara di Jalan  Tanah Abang 2.

6. Jalan Veteran 3 depan Bina Graha.

Editor : Dimas Ryandi

Reporter : Sabik Aji Taufan



Close Ads