JawaPos Radar

Tragedi Bom di Surabaya, Polda Metro Jaya Siaga Satu

13/05/2018, 13:33 WIB | Editor: Ilham Safutra
Tragedi Bom di Surabaya, Polda Metro Jaya Siaga Satu
Pray for Surabaya (JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Tragedi bom yang meledak di tiga gereja Surabaya membuat Polda Metro Jaya menetapkan status siaga I. Penetapan sebagaimana dengan surat telegram yang diteken Kapolda Metro Jakarta Irjen Idham Aziz, bernomor STR/817/V/PAM.3.3./2018

Dalam surat yang ditembuskan kepada Kapolri Jenderal Tito Karnavian itu, status Siaga 1 ditetapkan mengingat adanya bom di tiga gereja di Surabaya, Jawa Timur, pagi tadi.

"Karena status kesiapsiagaan, seluruh jajaran Polda Metro Jaya dinyatakan dalam status Siaga I sampai ada ketentuan lebih lanjut," bunyi surat telegram yang ditandatangani Kapolda Metro Jaya Irjen Idham Aziz, Minggu (13/5). Surat itupun dibenarkan Idham Aziz. "Iya (benar)," kata mantan Kadiv Propam Polri itu.

Sebagaimana diketahui, dalam waktu yang relatif singkat ada tiga gereja di Surabaya yang menjadi sasaran ledakan bom. Ledakan pertama terjadi pada pukul 06.30. Beberapa menit kemudian bom di gereja lain dilaporkan ikut meledak.

Tragedi Bom di Surabaya, Polda Metro Jaya Siaga Satu
Personel Polri di Polda Metro Jaya Siaga I atas bom di Surabaya (Dery Ridwansyah/JawaPos.com)

Tiga lokasi ledakan itu menurut data kepolisian, terjadi tepat di depan gereja Santa Maria Tak Bercela di Jalan Ngagel Madya, GKI Diponegoro di jalan Raya Diponegoro, dan di Gereja Pantekosta di jalan Arjuno.

Pantauan JawaPos.com di Gereja Santa Maria Tak Bercela di jalan Ngagel Madya, Surabaya, Minggu (13/5), ledakan terjadi pada pukul 06.30. Ada 13 orang luka, dan dua tewas. Diduga, satu korban meninggal dunia adalah jemaat dan satu lagi pelaku.

Kabid Humas Polda Jawa Timur Kombes Frans Barung Mangera mengatakan, polisi sudah mengidentifikasi dua korban itu. Dari olah tempat kejadian perkara, diketahui ada satu yang tewas di tempat. Sedangkan satu korban di RSUD dr. Soetomo.

Sementara, 13 korban luka dari pihak sipil dan polisi yang berjaga sejak pagi di TKP sudah dievakuasi. Sebagian besar para korban juga di rawat di RSUD dr. Soetomo.

(dna/JPC)

Alur Cerita Berita

Sejumlah Warga Dievakuasi ke Blok D 13/05/2018, 13:33 WIB
Warga Malang Tidak Takut Teroris 13/05/2018, 13:33 WIB
Lihat semua

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up