JawaPos Radar

PGI: Pelaku Teror Bom Surabaya Tidak Beragama

13/05/2018, 16:56 WIB | Editor: Yusuf Asyari
PGI: Pelaku Teror Bom Surabaya Tidak Beragama
()
Share this

JawaPos.com - Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) menilai bahwa terorisme tidak mempunyai agama. Hidup meraka didedikasikan hanya untuk kejahatan.

Kepala Biro Humas Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) Jerry Sumampow menerangkan, hal itu terlihat dari kejadian sebelumnya di Mako Brimob. Ditambah lagi, adanya bom di tiga gereja di Surabaya, Jawa Timur.

"Kalau pelaku terorisme seperti ini itu mereka tidak beragama. Agama mereka kejahatan sebetulnya," kata Jerry di Graha Oikoumene, Salemba, Jakarta Pusat, Minggu (13/5).

Atas kejadian itu pula, dia mengingatkan kepada seluruh pihak untuk tidak memberikan toleransi kepada teroris. Pasalnya, baru saja menewaskan petugas polisi di Mako Brimob, mereka kembali merenggut puluhan nyawa umat Kristiani saat sedang beribadah.

"Karena itu nggak boleh ada toleransi, harus pembasmian ini. Oleh karena itu tidak boleh ada peluang sedikit pun untuk mereka hidup," ungkapnya.

Lanjut dia menambahkan, terorisme tidak lagi memikirkan kemanusiaan dengan membunuh sesama. Oleh sebab itu dia menilai, efek jera yang diberikan tidak akan membuat mereka sadar. Sehingga langkah satu-satunya adalah melakukan pembasmian.

"Ini bukan lagi efek jera, ini sudah harus ada pembasmian. Memang ini bukan sesuatu yang melanggar hak asasi manusia. Orang ini sudah tidak lagi berpikir soal kemanusiaan, ini sudah jadi pembasmian dan pembantaian kemanusiaan. Oleh karena itu tindakannya harus tegas. Tidak boleh ada kompromi," pungkasnya.

(ce1/eve/JPC)

Alur Cerita Berita

Sejumlah Warga Dievakuasi ke Blok D 13/05/2018, 16:56 WIB
Warga Malang Tidak Takut Teroris 13/05/2018, 16:56 WIB
Lihat semua

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up