JawaPos Radar

Bom Surabaya, PGI: Ini Perang Melawan Terorisme

13/05/2018, 16:52 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
Teror Bom Surabaya
()
Share this image

JawaPos.com -  Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) mengapresiasi langkah pemerintah dalam menindaklanjuti teror bom di Surabaya yang terjadi pada Minggu (13/5) pagi.

Kepala Biro Humas Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) Jerry Sumampow mengatakan, aparat kepolisian telah melakukan pengamanan dan penangkapan rutin di seluruh daerah. Namun, dengan adanya kejadian ini, kata Jerry, menandakan semakin banyaknya terorisme di Indonesia.

"Menurut saya ini memperlihatkan bahwa terorisme di Indonesia ini sudah sangat banyak. Ini bukan perang terhadap teror lagi ini, ini perang melawan terorisme," kata Jerry di Graha Oikoumene, Salemba, Jakarta Pusat, Minggu (13/5).

Oleh sebab, seluruh elemen pemerintahan dan masyarakat harus bersatu untuk membasmi terorisme yang sudah merajalela. Lantaran, pihak kepolisian juga membutuhkan bantuan ataupun informasi dari kalangan masyarakat demi menjaga Indonesia tetap aman.

"Dia menyamar atau berperilaku seperti masayarakat biasa. Kalau bergaul baik, bertutur kata enak, ngomong dengan banyak orang juga tidak menimbulkan kecurigaan, tapi dia meledakan dirinya di satu tempat," ungkapnya.

Bahkan saat ini, kata dia, terorisme sudah berani dan menargetkan masyarakat untuk menjadi bagian mereka. Pasalnya, rencana jahat itu dijalankan dengan menggunakan masyarakat sehingga tidak menimbulkan kecurigaan.

"Sampai kepada kader yang mereka didik dan sudah mereka rekrut yang sampai sekarang ini secara laten sebetulnya ada di masyarakat. Memang tidak hanya tindakan kepolisian yang kita butuhkan sekarang, tapi adalah peran serta masyarakat. Khsusunya juga kelompok-kelompok agama," pungkasnya.

(eve/JPC)

Alur Cerita Berita

Sejumlah Warga Dievakuasi ke Blok D 13/05/2018, 16:52 WIB
Warga Malang Tidak Takut Teroris 13/05/2018, 16:52 WIB
Lihat semua

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up