alexametrics

Anies Izinkan PNS Laki-laki Cuti Saat Istri Melahirkan, Berapa Hari?

13 Maret 2018, 20:17:28 WIB

JawaPos.com – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memiliki kebijakan khusus bagi pegawai negeri sipil (PNS) laki-laki di lingkungan Pemprov DKI yang sudah berumah tangga. Mereka diperbolehkan mengambil cuti untuk menemani istrinya melahirkan sebanyak 5 hari sampai 1 bulan.

“Lima hari itu sudah luar biasa. Jadi kita nggak usah satu bulan. Tapi kalau umpamanya itu bisa melebihi dari pada itu. Lima hari rata-rata mintanya,” ujar Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DKI Jakarta Syamsudin Lologau saat dihubungi, Selasa (13/3).

Menurutnya, Anies memberikan kebijakan itu agar setiap suami bisa mendampingi masa-masa perjuangan istrinya yang melahirkan anaknya ke dunia. Hal itu menjadi penting karena seorang istri butuh sosok suami untuk mengurangi ketakutan.

Anies Izinkan PNS Laki-laki Cuti Saat Istri Melahirkan, Berapa Hari?
PNS DKI berhamburan akibat gempa yang mengguncang Jakarta. (Yesika Dinta/ JawaPos.com)

“Bisa dibayangkan bagaimana penderitaan seorang ibu kalau melahirkan, nah kalau ada yang mendampingi suaminya maka beban ketakutannya itu berkurang. Jadi suami harus mendampingi istri,” tuturnya.

Syamsudin menjelaskan, pemberlakuan cuti bagi suami yang istrinya melahirkan sudah berlaku sejak awal Anies menjabat dan sudah ada beberapa anak buahnya yang mengajukan cuti tersebut.

“Sudah ada sejak Pak Anies jadi gubernur kita. Kalau di BKN (Badan Kepegawaian Negara) dari tahun 2017 ya, kalau di sini perintah Pak Gubernur ada artinya dia,” kata dia.

Pengajuan cuti ini masuk dalam cuti alasan penting (CAP) dengan melampirkan surat keterangan rawat inap dari Unit Pelayanan Kesehatan. Hal ini sesuai dengan Peraturan Kepala (Perka) Badan Kepegawaian Negara (BKN) Nomor 24 Tahun 2017 tentang Tata Cara Pemberian Cuti Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Dalam lampiran Perka BKN Nomor 24 Tahun 2017 poin IIE Nomor 3 disebutkan, PNS laki-laki yang istrinya melahirkan atau operasi sesar dapat diberikan cuti karena alasan penting dengan melampirkan surat keterangan rawat inap dari Unit Pelayanan Kesehatan. Lamanya cuti karena alasan penting ditentukan pejabat yang berwenang memberikan cuti paling lama satu bulan.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : (yes/JPC)


Close Ads
Anies Izinkan PNS Laki-laki Cuti Saat Istri Melahirkan, Berapa Hari?