JawaPos Radar

Mako Brimob Rusuh, Bagaimana Kondisi Ahok?

09/05/2018, 17:05 WIB | Editor: Bintang Pradewo
Mako Brimob Rusuh, Bagaimana Kondisi Ahok?
Terpidana kasus penistaan agama Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dipenjara di Mako Brimob Kelapa Dua (Dok. JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Kerusuhan di Mako Brimob Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, Rabu (9/5) berangsur membaik. Namun, pihak kepolisian masih terus berjaga ketat di sekitaran Mako Brimob.

Seperti yang diketahui, Mako Brimob merupakan tempat terpidana kasus penistaan agama, Basuki Tjahaja Purnama ditahan. Sejak mendapatkan ancaman pembunuhan, Ahok—sapaan akrab Basuki—dipindahkan dari Lapas Cipinang ke Mako Brimob.

Menyikapi kerusuhan itu, kuasa hukum Ahok, Josefina Agatha Syukur memastikan bahwa saat ini mantan Gubernur DKI Jakarta itu dalam keadaan baik-baik saja. "Pak Ahok sehat," kata Josefina kepada JawaPos.com, Rabu (9/5).

Mako Brimob Rusuh, Bagaimana Kondisi Ahok?
Pengamanan Mako Brimob (Sachril Agustin/ JawaPos.com)

Sementara, ketika dikonfirmasi terkait keberadaan Ahok, apakah masih di tahanan Mako Brimob atau dipindahkan ke tempat lain pasca kejadian itu, Josefina tidak menjelaskan secara rinci.  Dia hanya memastikan Ahok dalam kondisi sehat.

Diketahui, situasi di Markas Komando Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat tengah mencekam, Rabu (9/5) dini hari. Dikabarkan ada baku tembak antara narapidana terorisme dengan anggota Datasemen Khusus 88 Antiteror Mabes Polri.

Kabarnya, empat anggota Densus 88 beserta sejumlah senjata api disandera oleh para tahanan teroris tersebut. Bahkan beredar foto di kalangan wartawan, sejumlah petugas mengalami luka yang cukup serius.

Bahkan, Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Fahri Hamzah justru memiliki analisis lain terkait penyebab terjadinya kerusuhan. Dia menduga kerusuhan terjadi lantaran ada mantan pejabat negara yang diperlakukan istimewa di Mako Brimob, yakni mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

"Iya, saya bilang kadang-kadang kalau mau kritis mungkin ada perasaan yang kurang adil juga, ya salah satunya (soal perlakuan istimewa ke Ahok)," ujar Fahri Hamzah di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (9/5).

Sementara Mabes Polri membenarkan telah terjadi sebuah insiden di Mako Brimob Kelapa Dua Depok, malam ini (8/5). Dugaan awalnya lantaran para narapidana bentrok dengan petugas. "Betul ada insiden," kata Kepala Biro Humas Mabes Polri, Brijen M Iqbal ketika dikonfirmasi awak media.

Iqbal mengaku belum bisa memastikan penyebab pasti insiden tersebut. "Sekarang masih di jalan ke sana. Sudah ditangani Brimob dan kepolisian setempat," lanjut dia.

(ce1/eve/JPC)

Alur Cerita Berita

Keluarga Beny Syamsu Gelar Pengajian 09/05/2018, 17:05 WIB
Lihat semua

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up