alexametrics
'Anak Bawang Balai Kota'

Secangkir Kopi Dari Vero, Buat Pria Ini Kagumi Mantan Istri Ahok

8 April 2018, 16:20:05 WIB

JawaPos.com – Kenangan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok masih melekelat dalam ingatan ‘Anak Bawang Balai Kota’ yang tak lain adalah mantan staf magang zaman kepemimpinan Mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Bahkan, Veronica Tan yang kini resmi menjadi mantan istri Ahok tak luput dari ingatan Anak Bawang Balai Kota. Dalam tulisannya yang berjudul ‘Secangkir Kopi Dari Vero’ dia mengungkapkan sosok lain mantan istri Ahok itu. 

Mantan staf magang Ahok, Renold Lim rupanya mempunyai kenangan tersendiri tentang sosok Vero sapaan akrab Veronica. Januari 2017, dia berkesempatan menemani Vero menerima kunjungan yayasan-yayasan terkait program pemberdayaan masyarakat.

Secangkir Kopi Dari Vero, Buat Pria Ini Kagumi Mantan Istri Ahok
Mantan Istri Basuki Tjahaja Purnama, Veronica Tan (Dok. JawaPos.com)

Saat itu, kata Renold, menjelang Pilkada DKI yang mana didalam peraturan daerah Ahok dan Vero diwajibkan untuk cuti serta meninggalkan segala aset pemerintah daerah seperti rumah, kendaraan dinas tidak boleh digunakan.

“Moment cuti tidak disia-siakan.  Ahok fokus mengunjungi lansia sambil melihat sungai di Jakarta. Vero fokus dengan pemberdayaan warga rusun. Banyak pendamping rusun yang ingin curhat kepada Vero,” kisah Ronald dalam buku Ahok dan hal-hal yang belum terungkap.

Kala itu pengurus yayasan pendamping rusun hadir kerumah Vero dan Ahok yang berada di Pantai Mutiara, Pluit, Jakarta Utara. Hal mengejutkan dilakukan Vero, sehingga membuat Ronald kagum kepada sosok mantan ibu pemimpin daerah itu.

“Hal menarik membuat saya tertegun dan terekam di otak saya, yaitu cara Vero menjamu tamu. Sembari menyapa dan berbincang kecil, Vero menuangkan kopi ke cangkir dan disajikan satu persatu kepada tamu yang hadir,” kenang Ronald.

Bahkan, kisah lainnya menjelang perayaan musik Java Jazz 2017, Vero mengajak seluruh staf magang mantan suaminya (Ahok) menyaksikan atau menonton bersama. Melalui pesan singkat, para Anak Bawang Balai Kota pun antusias berbaris absen.

“Tanggal 3 April 2017, kami nonton bareng Java Jazz. Vero membaur bahkan ikut lesehan sambil nonton penampilan Afgan,” tukas Ronald.

Dengan mengenakan kaos oblong hitam dan scraft merah marun, Vero terlihat santai menikmati ajang festival musik anak muda itu. Pada kesempatan itu, tepatnya di Hall Brava yang sedang mementaskan lagu kebangsaan dengan menggunakan orkes sederhana, Vero lagi-lagi mengejutkan Anak Bawang Balai Kota.

“Secara tidak sengaja, saat itu terkuak penampilan Vero memainkan Cello ketika salah satu anak magang berceletuk ‘Ibu kan bisa juga (main Cello)’,” tuturnya.

Terbukti, pada hari kemerdekaan Vero mengadakan orkestra kebangsaan yang dimainkannya bersama anak-anak rusun.

“Mungkin dari sinilah terbit beberapa foto tentang Vero memainkan lagu kebangsaat dengan Cello. Cita-cita Vero akhirnya dapat terwujud tentang pementasan orkestra bersama anak-anak rusun,” kisah ingatan Renold tentang Vero.

Untuk diketahui, Sebanyak 21 mantan staf magang di Balai Kota DKI Jakarta mengisahkan pengalaman kerja mereka dan kenangan mereka tentang terpidana penista agama Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Mereka menamai dirinya dengan sebutan ‘Anak Bawang Balai Kota’. Buku ini berjudul ‘Ahok dan hal-hal yang belum terungkap’, terdapat 30 catatan dari staf magang Ahok dalam buku ini.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : (eve/JPC)


Close Ads
Secangkir Kopi Dari Vero, Buat Pria Ini Kagumi Mantan Istri Ahok