alexametrics

Reaksi Sumarsono Dana Sisa Kampanye Ahok Buat Beli Transjakarta Cares

8 Maret 2017, 11:02:37 WIB

JawaPos.com – Pasangan calon Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat berencana menghibahkan sisa dana kampanye pilkada putaran kedua untuk membeli mobil Transjakarta Cares. Menanggapi itu, Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Sumarsono tak begitu mempermasalahkannya.

Asalkan, kata pria sapaan Soni itu, proses dana hibah itu harus melewati mekanisme yang benar. “Kalau ada sisa dana kampanye itu dilaporkan ke KPUD. Proses, kemudian setelah dilaporkan KPUD, dan lalu diberikan bantuan sah-sah saja ke manapun juga,” ujar Soni di Balai Kota Jakarta, Rabu (8/3).

Dia menambahkan, entah mau membantu warga miskin, atau pun sesuai keinginan mau membeli mobil Transjakarta Cares, menurutnya itu tak masalah. Sebab, itu sudah disebut dana netral. “Yang enggak boleh bantuannya judulnya bantuan dari tim sukses,” jelasnya.

Seperti diketahui, pada pilkada putaran pertama, sumbangan dana patungan rakyat Basuki-Djarot mencapai Rp 60,1 miliar. Kemudian, dana yang dipergunakan untuk kampanye sebanyak Rp 53,6 miliar.

Sisa dana tersebut, sebesar Rp 4,8 miliar dipergunakan sebagai modal awal dana kampanye dan Rp 1,7 miliar dikembalikan ke kas negara karena tak memenuhi kelengkapan administrasi.

Adapun, Transjakarta Cares yang merupakan sasaran dana hibah nantinya merupakan mobil untuk penyandang disabilitas dan lansia. Warga penyandang disabilitas dan lansia dapat menelepon nomor telepon tertentu agar dapat dijemput serta diantar ke halte bus transjakarta terdekat. (uya/JPG)

Editor : Thomas Kukuh


Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads
Reaksi Sumarsono Dana Sisa Kampanye Ahok Buat Beli Transjakarta Cares