alexametrics

Mencari Tahu Motivasi Sepuluh Provokator

6 November 2016, 07:53:00 WIB

JawaPos.com – Pascademo 4 November lalu, polisi kini tengah memeriksa sepuluh orang yang diduga menjadi provokator saat unjuk rasa dua hari lalu. Kadivhumas Mabes Polri Irjen Boy Rafli Amar menyatakan, mereka akan diperiksa selama 1 x 24 jam untuk mengetahui motivasi dalam memprovokasi. 

’’Saat ini penyebab provokasi masih didalami,'' tuturnya.

Dari pemeriksaan sementara, para terduga provokator tersebut berusia relatif muda. Yang tertua 31 tahun. Sisanya berusia 16 tahun hingga 25 tahun. ''Masih muda sekali,'' ungkapnya.

Dari data awal, kebanyakan di antara mereka berasal dari luar Jakarta. Ada yang berasal dari Nusa Tenggara Barat (NTB), Jawa Tengah, dan lainnya. ''Yang pasti, kami akan mencari tahu mengapa mereka memprovokasi,'' kata Boy.

Dia mengungkapkan, ada dua titik kerusuhan. Pertama, di depan Istana Merdeka. Kedua, penjarahan minimarket di kawasan Penjaringan, Jakarta Utara. Sepuluh provokator itu ditangkap di depan istana. Ada pula penjarah yang ditangkap di Penjaringan. ''Kalau yang ini, murni kriminal,'' terangnya.

Boy menegaskan, penjarahan minimarket itu sama sekali tidak berhubungan dengan demonstrasi di sekitar Monas. Penjarah sama sekali bukan orang yang terlibat demonstrasi. ''Mereka pencuri biasa yang memanfaatkan momentum,'' ungkapnya. Polisi menangkap dan memeriksa 18 pelaku. 

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyiapkan 30 bus untuk mengangkut pengunjuk rasa pulang ke daerah masing-masing. Yang digunakan adalah bus perum PPD (Pengangkutan Penumpang Djakarta). 

"Pengerahan bus ini atas instruksi langsung Bapak Menteri Perhubungan agar negara tetap melayani publik walaupun itu pengunjuk rasa," kata Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Pudji Hartanto.

Sebanyak 15 bus dikerahkan untuk pemulangan di wilayah Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi). Lalu, lima bus untuk Cirebon dan Lampung. "Layanan ini diberikan secara gratis, tanpa dipungut bayaran," ujarnya. Bila terjadi punguta, Pudji menghimbau peserta demo untuk melapor. (byu/mia/idr/jun/tyo/dod/c5/ca) 

 

Editor : Thomas Kukuh

Saksikan video menarik berikut ini:

Mencari Tahu Motivasi Sepuluh Provokator