alexametrics

2018, Dana Operasional Ketua RT dan RW Naik, Tak Perlu Pula Setor LPJ

5 Desember 2017, 23:15:19 WIB

JawaPos.com – Ada kabar baik bagi Ketua Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW) di DKI Jakarta. Pada 2018 nanti mereka akan mendapatkan kenaikan dana operasional sebesar Rp 500 ribu. Selain itu, pimpinan warga yang paling dekat dengan masyarakat itu tidak lagi dibebankan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk membuat laporan laporan pertanggungjawaban (LPJ).

Dengan demikian selama 2018 nantinya setiap Ketua RT mendapatkan dana operasional sebesar Rp 2 juta per bulan dan Ketua RW Rp 2,5 juta setiap bulan. “Mulai 2018, Bapak Ibu tidak perlu menuliskan laporan (LPJ dana operasional) lagi,” ujar Anies saat kunjungan kerja ke Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Selasa (5/12).

Meski demikian, dia meminta pengurus RT/RW mengelola dana operasional yang akan mereka terima nantinya dengan baik. Sebab, dana itu sepenuhnya hanya boleh digunakan untuk keperluan warga.

Anies-Sandi, Dana Operasional, Ketua RT/RW
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan-Wagub Sandiaga Uno (Ismail Pohan/Indopos/JawaPos.com)

“Kalau kami saja tidak percaya, bagaimana warga percaya? Harus dijaga sebaik mungkin. Kami ingin Bapak Ibu bekerja lebih baik lagi daripada kemarin. Jadi atur penggunaannya sebaik-baiknya, sehingga dana operasional betul-betul menunjang operasional,” tutur mantan Rekrtor Universitas Paramadina itu.

Terkait penghapusan aturan, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) itu beralasan agar RT/RW fokus melayani warga dibandingkan hanya mengurus persoalan administrasi seperti LPJ.

“Kami ingin membuat ketua RT/RW bisa lebih fokus pada pelayanan daripada administratif. Biaya-biaya yang terkait dengan kegiatan mereka itu langsung diberikan dalam bentuk pembebasan. Mereka bisa mengelola sendiri sesuai dengan apa yang menjadi kebutuhan,” tuturnya.

Sebagai informasi, LPJ RT/RW biasanya dibuat 3 bulan sekali, sama halnya seperti dana operasional yang diberikan per 3 bulan. LPJ tersebut berisi laporan penggunaan dana operasional RT dan RW tiap bulannya sekaligus menjadi syarat agar dana operasional tiga bulanan berikutnya bisa dicairkan.

Editor : admin

Reporter : (yes/JPC)


Close Ads
2018, Dana Operasional Ketua RT dan RW Naik, Tak Perlu Pula Setor LPJ