alexametrics

Pembatasan Truk Barang, Nih Kantong Parkir di Tol Jakarta-Cikampek

5 Oktober 2017, 21:07:31 WIB

JawaPos.com – Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) akan menyiapkan kantong parkir di beberapa titik ruas tol Jakarta-Cikampek. Hal itu untuk menindaklanjuti kebijakan pengaturan perjalanan angkutan barang di sepanjang tol Jakarta-Cikampek.

Direktur Sarana Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Carlo Malik mengatakan, nantinya angkutan barang akan terbiasa sendiri dengan adanya kebijakan tersebut. Pada jam-jam yang ditentukan, yakni pukul 06.00-09.00 mereka tidak akan melintasi jalan tol.

Namun, permasalahannya kini ada dari para angkutan barang yang datang dari luar kawasan industri Jabodetabek. Jika mereka terlanjur berada dalam tol pada waktu yang ditentukan, maka dipersilakan memarkir di rest area ataupun bahu jalan dengan pengawasan dari instansi terkait.

“Yang jadi masalah adalah misalnya dari Cipali. Makanya kantong parkir atau pengendapan sementara yaitu di rest area maupun bahu jalan dan akan kerja sama dengan instansi terkait,” ujarnya saat ditemui di kantor BPTJ, Rabu (5/10).

Sementara itu, lanjutnya, ketika kebijakan sudah diterapkan dan sudah melalui sosialisasi serta uji coba, nantinya para pelaku industri dengan angkutan barang akan mampu mengukur waktunya agar tidak sampai pada kawasan yang dilarang pada jam tersebut.

Kemudian, Kepala BPTJ Bambang Prihartono menambahkan, pada area kurang lebih 300 meter sebelum masuk pintu tol atau area sekiranya akan dipasang spanduk berupa imbauan bahwa angkutan barang dapat memutar haluan untuk parkir sementara.

Maka, truk-truk angkutan barang khususnya golongan empat dan lima dilarang melintas pada jam-jam tersebut.

“Terutama truk-truk yang memenuhi jalan tol adalah antar kawasan tidak boleh keluar dari kawasan sebelum jam 09.00. Kantong-kantong itu tidak menjadi signifikan, mereka masih bisa menggunakan rest area,” tutur Bambang pada kesempatan yang sama.

Rencana pengaturan angkutan barang semebtara masih dengan rute timur ke barat Jakarta, tepatnya mulai dari Gerbang Tol Kalihurup hingga Bekasi Barat. Kendaraan pengangkut dengan sumbu lebih dari tiga, yaitu sumbu 4 dan sumbu 5.

Editor : admin

Reporter : (cr3/JPC)



Close Ads
Pembatasan Truk Barang, Nih Kantong Parkir di Tol Jakarta-Cikampek