alexametrics

KRL Anjlok, Ini Pilihan Moda Transportasi Commuter Berikutnya

3 Oktober 2017, 13:49:47 WIB

JawaPos.com – Dampak anjloknya perjalanan Kereta Rel Listrik (KRL) KA 1507 Bogor-Angke di wilayah Stasiun Manggarai membuat perjalanan lalu lintas semrawut. Masyarakat komuter yang banyak tinggal di wilayah Depok dan Bogor menumpuk di tiap-tiap stasiun. Ribuan penumpang yang tak terangkut akhirnya mencari moda transportasi lain.

Salah satunya yang paling laris adalah taksi online. Sejak pagi kereta anjlok pukul 07.40, para pengemudi taksi online kebanjiran penumpang. Rata-rata penumpang yang naik adalah tujuan Jakarta Selatan.

KRL Anjlok
Petugas berusaha mengevakuasi KRL yang anjlok di Stasiun Manggarai (Haritsah Almudasir/ Jawa Pos)

“Wah sejak pagi saya kejebak macet dan banyak penumpang yang naik. Rata-rata penumpang tidak saling kenal tapi tujuannya searah ke Jakarta. Terus bayarnya patungan, penuh mobil bisa delapan orang,” kata salah satu sopir taksi online Haerudin kepada JawaPos.com, Selasa (3/10).

Salah satu karyawan asal Citayam, Ditya, mengaku kesal dengan gangguan kereta KRL pagi ini. Dia terpaksa harus membatalkan sejumlah pertemuan dengan klien kerjanya di Jakarta akibat gangguan kereta.

“Iya gara-gara anjlok saya bingung mau naik apa. Lalu lintas juga semrawut macet di mana-mana. Saya sampai izin sama bos datang telat,” tukasnya.

Saat ini petugas gabungan dari PT KAI Daop 1 Jakarta dan PT KCI masih melakukan proses evakuasi KRL tersebut. Selama proses evakuasi dilakukan maka untuk KRL dari arah Manggarai menuju Sudirman maupun sebaliknya belum dapat beroperasi. Bagi pengguna yang tetap ingin menggunakan KRL dapat naik KRL dari Manggarai tujuan Jatinegara, kemudian menggunakan KRL Loop Line yang berangkat dari Stasiun Jatinegara.

Sementara bagi yang tidak dapat menunggu KRL, diimbau untuk menggunakan moda transportasi alternatif dari stasiun terdekat. Dampak lainnya, lalu lintas di area stasiun seperti Lenteng Agung, Tanjung Barat, Cawang UKI macet parah.

Editor : admin

Reporter : (ika/JPC)



Close Ads
KRL Anjlok, Ini Pilihan Moda Transportasi Commuter Berikutnya