alexametrics

DPRD Setuju Rumah DP 0 Rupiah Dibangun di Lahan Persawahan

3 Maret 2018, 15:34:43 WIB

JawaPos.com – Pembangunan rumah tapak program DP 0 Rupiah akan dilakukan di atas lahan sawah seluas 1,3 hektar. Tak sedikit yang mempertanyakannya. 

Sebab, saat ini Ibukota tengah mengalami krisis lahan sawah dan ruang terbuka hijau (RTH).

Meksi begitu, Ketua Komisi D DPRD DKI Jakarta Iman Satria mengaku tidak mempermasalahkannya. Menurut Iman, pembangunan rumah tapak adalah hak dari pihak pengembang, dalam hal ini PT Nusa Kirana yang juga pemilik lahan.

Rumah Tapak DP Nol Rupiah
Rumah tapak DP nol rupiah (Evi Ariska/ JawaPos.com)

“Kalau sawahnya punya dia masa kita permasalahin sih. Sawahnya sawah pribadi dia (PT Nusa Kirana), dia sudah nggak mau nyawah,” ujarnya saat dihubungi JawaPos.com, Sabtu (3/2).

Politikus Partai Gerindra itu menjelaskan, PT Nusa Kirana hanya mengikuti program DP 0 Rupiah dalam sistem penjualan 100 unit rumah tersebut. Namun, tak ada campur tangan Pemprov DKI terkait lahan ataupun pembangunannya.

“Iya itu sawahnya milik Nusa Kirana. Cuma dia pakai metode DP 0 Persen,” tegas Iman.

Meski belum ada keselarasan antara Nusa Kirana dengan Pemprov DKI, lokasi lahan yang terletak di Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara itu sudah soft launching pada Rabu (28/2). Menurut Iman, kedua belah pihak akan melakukan mediasi.

“Tapi mau ada mediasi antara pihak sana dengan pemerintah daerah yang mengerti masalah ini. Karena ini dia rumahnya juga rumah tapak kan, bukan rumah vertikal,” jelasnya.

Lebih lanjut dia menerangkan, sinkronisasi yang dibutuhkan antara keduanya, yakni terkait skema pencicilan maupun harga per unit rumah yang akan dibangun berukuran 5×9 meter dengan dua kamar tidur itu.

“Makanya kan sanggahan dari Pemprov DKI menyatakan bahwa itu kan bukan proyek pemerintah. Masih banyak term condition yang belum ketemu kalau mau masuk ke dalam (program) DP 0 Persen,” terang Iman lagi.

Editor : Imam Solehudin

Reporter : (yes/JPC)



Close Ads
DPRD Setuju Rumah DP 0 Rupiah Dibangun di Lahan Persawahan